Menperin Perkenalkan Laptop 4G LTE Buatan Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.
Sumber :
  • ANTARA/Sella Panduarsa Gareta.

VIVA – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita meluncurkan Chromebook 4G LTE rakitan lokal, guna meningkatkan daya saing komputer jinjing atau laptop produksi dalam negeri agar bisa bersaing dari gempuran produk impor.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

“Kami memberikan apresiasi terhadap keberhasilan dari sinergi tersebut sehingga bisa memproduksi Chromebook 4G LTE pertama yang didesain dan diproduksi di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 27 Maret 2022.

Kemenperin membangun kolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait di antaranya PT Tata Sarana Mandiri (TSM), Qualcomm, Google, PT Sat Nusapersada dan PT.Libera Technologies Indonesia untuk membangun sebuah ekosistem yang dinamakan Indonesia Manufacturing Center Elektronika dan Telematika (IMC-ET).

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Instansi tersebut juga secara intens akan menguatkan komunikasi dengan para pengembang chipset untuk dapat bekerja sama memperdalam struktur industri elektronika khususnya memproduksi laptop.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

“Sehingga di masa depan akan tercipta Intellectual Property (IP) milik anak-anak bangsa yaitu IP Indonesia dan dapat digunakan bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan laptop dalam negeri,” ungkapnya.

Di samping itu Menperin akan berupaya mewujudkan Indonesia mampu memproduksi semikonduktor yang banyak digunakan sektor elektronika dan otomotif untuk memenuhi kebutuhan industri di dalam negeri.

“Kami mengajak para pelaku usaha untuk duduk bareng membuat roadmap dalam upaya memproduksi semikonduktor untuk kemandirian industri di dalam negeri,” tutur Menperin.

Chairwoman PT TSM Yovita Bellina menyampaikan generasi Chromebook 4G LTE yang diluncurkan telah dilengkapi dengan modul selular tertanam (built-in) 4G LTE. Mereka juga bakal memproduksi Chromebook versi WIFI saja, sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Kedua perangkat ini akan dipasarkan dengan nama Libera Merdeka Chromebook C150 untuk versi 4G LTE/Wifi, dan Chromebook C120 untuk versi Wifi. Kedua produk ini akan mulai beredar di pasar pada kuartal II tahun 2022,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya