Catat, iPhone Jenis Ini Tidak Bisa Pakai Fitur Tap to Pay

iPhone XS.
Sumber :
  • T3

VIVA – Pada Februari tahun ini, Apple memperkenalkan fitur Tap to Pay di iPhone. Fitur ini memungkinkan iPhone tertentu untuk menerima pembayaran melalui Apple Pay, kartu kredit dan debit tanpa kontak serta dompet digital lainnya.

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Fitur Tap to Pay ini pada dasarnya memungkinkan seller untuk menggunakan perangkat seluler sebagai terminal pembayaran. Akuisisi Apple terhadap startup Mobeewave diyakini merupakan dasar dari teknologi tersebut.

Hal itu mendukung pembayaran dari Apple Pay, kartu kredit dan debit tanpa kontak, dan dompet digital lainnya.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Fitur Tap to Pay menjadi terkenal karena sebelumnya bisnis yang menerima pembayaran nirsentuh di iPhone perlu menggunakan perangkat keras tambahan pihak ketiga seperti dongle Square Reader.

Untuk sekarang, penggunaannya masih terbatas pada bisnis dan pedagang yang ingin menerima pembayaran tanpa kontak melalui aplikasi iOS, yang minimal menggunakan iPhone XS atau yang lebih baru, seperti dikutip dari situs Pocket-lint, Senin, 11 April 2022.

Apple Bangun Pabrik iPhone di Indonesia, Menkominfo: Tunggu Besok

Cara penggunaannya adalah dengan mendekatkan kartu kredit atau debit, Apple Watch serta dompet digital lainnya ke iPhone milik penjual dan pembayaran akan diselesaikan dengan NFC atau Near Field Communication.

Semua pedagang di masa depan akan membutuhkan iPhone untuk menerima dan memproses pembayaran. Tampaknya ini masih eksklusif untuk Amerika Serikat (AS) saja karena Apple belum mengumumkannya untuk negara lain.

Meskipun Fitur Tap to Pay belum tersedia untuk Anda gunakan, API pendukung tersedia di iOS 15.4 yang mana berpotensi mengaktifkan fitur di iPhone XS dan model yang lebih baru. Sementara untuk iPhone 6,7 dan 8 tidak masuk dalam daftar yang kompatibel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya