Realme Book Prime Bidik Content Creator Muda

Realme Book Prime.
Sumber :
  • Realme Indonesia/VIVA

VIVA – Pembuat konten atau content creator adalah sebutan bagi seseorang atau individu yang bekerja dengan menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online.

Jokowi Semringah Resmikan Balai Terbesar se-Asia Tenggara di Depok

Salah satu perangkat yang wajib dipakai adalah laptop. Kini, Realme sudah melebarkan sayap bisnis dengan menyediakan perangkat seperti laptop, selain smartphone dan TWS.

Pada awal Q2 2022, raksasa teknologi China itu resmi meluncurkan Realme Book Prime yang membidik pengguna dari kalangan content creator muda.

Hadirkan Solusi Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Keandalan Livin’ di London

“Laptop ini akan menjadi perangkat pendukung para content creator muda untuk menciptakan spark atau percikan kreativitas. Karena, kami percaya mereka membutuhkan dukungan perangkat yang terbaik,” ujar Product Marketing Lead, Realme Indonesia Febriansyah Pradana, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 14 April 2022.

Laptop Realme Book Prime sudah mendarat di Indonesia. VIVA Tekno mendapat kesempatan untuk mengupas spesifikasinya:

Belanja Iklan di Asia Tenggara Diperkirakan Capai US$1,62 Miliar pada 2024

Desain

Realme Book Prime menawarkan desain yang diklaim stylish dan elegan. Tersedia tiga pilihan warna: Real Green, Real Grey dan Real Blue, yang ke semuanya dibuat dengan finishing metallic menutupi seluruh bodi dari laptop.

Mendukung penampilan bodinya yang elegan, Realme membuat dimensi dari laptop ini tetap ringkas. Karena, tebalnya hanya 14,9 mm dan bobot 1,37 gram.

Jadi, laptop ini sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana. Cocok bagi generasi muda yang bekerja dari mana saja.

Di balik finishing metallic-nya, bodi dari Realme Book Prime dibuat dengan menggunakan kombinasi aluminium yang juga sudah melalui pemotongan dengan mesin CNC, sandblasting, dan proses anodisasi, sehingga memungkinkan memperoleh finishing yang elegan.

Ketika membuka cover laptop, langsung disuguhkan dengan keyboard yang sudah lengkap dengan backlight, sehingga menambah kesan “mahal” laptop ini.

Bergeser sedikit ke bawah keyboard, terdapat trackpad yang sudah dibuat 44 persen lebih besar dibanding notebook pada umumnya.

Ukurannya yang lebih besar jelas membuat jari-jari pengguna bisa mengarahkan kursor dengan lebih bebas.

Sentuhan spesial

Realme Book Prime juga ternyata memiliki sensor pemindai sidik jari. Tidak diletakkan di trackpad seperti laptop biasanya, melainkan terintegrasi dengan tombol power yang terletak di bagian kanan atas keyboard.

Jadi, tidak perlu repot mengetikkan pin atau password untuk login. Hanya tinggal sentuh dengan jari yang sudah diregistrasi untuk mendapatkan akses penuh ke laptop.

Mengenai konektivitas, Realme sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6, yang menjanjikan 2,7 kali lebih cepat dari wifi generasi sebelumnya.

Sementara itu untuk ketersediaan port di sisi kanan dan kiri terdapat USB C 3.2 Gen 2, USB A 3.1 Gen 1, Thunderbolt 4/USB 4, jack audio 3,5mm dan microphone jack.

Soal mikrofon ada sentuhan spesial. Jadi, pada Realme Book Prime ini memiliki 2 mikrofon yang didukung fitur Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation Algorithms, Vocplus Pre-processing Tecnology dan Vocplus Scream Suppression Technology.

Teknologi ini bakal sangat membantu ketika meeting online dan sejenisnya. Karena, bisa meredam noise dan bikin suara yang kita keluarkan jadi lebih jernih dan jelas.

Layar

Mengenai layarnya, Realme Book Prime menggunakan layar IPS berukuran 14 inchi dan memiliki resolusi 2160 x 1440 piksel. Rasio layar ke bodinya lumayan besar mencapai 90 persen.

Sementara bagian bezelnya juga dibuat tipis dengan lebar hanya 5,3 mm. Untuk ukuran rasio layarnya, Realme menerapkan rasio 3:2 yang memungkinkan konten yang ditampilkan di layar jadi lebih banyak dibanding layar dengan rasio 16:9.

Layar Realme Book Prime juga didukung fitur color gamut sRGB yang membuat warna yang dihasilkan dari layar terlihat lebih kaya dan jernih.

Beragam fitur yang dimiliki oleh layar Realme Book Prime tersebut juga sudah dilindungi Corning Gorilla Glass agar tidak mudah lecet atau tergores.

Selain itu, hadir juga lapisan Oleophobic Coating untuk mencegah layar menjadi kotor akibat noda sidik jari.

Performa

Performa laptop ini mengandalkan kinerja dari prosesor Intel Core i5-11320H. Prosesor generasi ke-11 dengan arsitektur 10nm ini menggabungkan CPU Willow Cove baru dan teknologi SuperFin.

Kecepatan dari turbo single-core dapat mencapai clock-speed hingga 4,5 GHz.

Performa dalam single-core juga melonjak hingga 9,6 persen, dan peningkatan besar 21,8 persen pada performa multi-core dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pengolahan grafis di laptop ini dipercayakan pada kartu grafis Intel Iris Xe. Informasi saja, Intel Iris Xe memiliki peningkatan kinerja sebesar 68 persen jika dibandingkan dengan kartu grafis generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk RAM berjenis LPDDR4x 8GB dual channel 4.266MHz. Sementara untuk menyimpan aplikasi dan file sudah menggunakan memori berjenis SSD dengan kapasitas 512GB, yang pastinya membuat kinerja laptop makin gesit.

Sistem Pendingin dan PC Connect

Jika sudah asik bekerja dengan laptop ini, pasti bisa menghabiskan waktu yang lama. Pastinya, ada kekhawatiran suhu laptop akan terlalu panas atau overheat.

Tapi jangan khawatir. Realme Book Prime sudah menggunakan teknologi vapor chamber liquid cooling system.

Ini adalah sistem pendingin dengan kipas ganda berdesain tips namun memiliki kecepatan dan aliran udara tinggi. Sistem pendingin ini diklaim 32,7 persen lebih efektif dalam mendistribusikan panas.

Menambah fungsionalitas dari laptop ini, Realme menghadirkan sebuah fitur bernama PC Connect, sehingga dapat menyambungkan smartphone berbasis Android ke Realme Book Prime secara wireless.

Tidak hanya sekadar tersambung, tetapi juga bisa langsung mengoperasikan smartphone melalui aplikasi yang terinstall di laptop.

Selain itu, PC Connect juga memungkinkan untuk mengirim file dari laptop ke smartphone, atau sebaliknya, hanya dengan melakukan drag and drop.

Baterai dan Fast Charging

Realme Book Prime menggendong baterai berkapasitas 54Wh. Dari pengujian yang dilakukan, baterai ini mampu membuat laptop memutar video beresolusi 1080p secara nonstop selama 12 jam.

Jika baterai habis tidak usah khawatir durasi pengisian berlangsung lama. Soalnya, Realme sudah melengkapi laptop ini dengan teknologi 65W Super Fast Charge.

Berkat teknologi ini, Anda bisa mengisi daya baterai sebanyak 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, tersemat juga dukungan 30W Dart Charge yang berfungsi untuk mengisi daya smartphone.

Jadi, bisa mengisi daya smartphone dari Realme Book Prime, tapi dengan catatan, smartphone juga sudah mendukung teknologi fast charging.

Dengan demikian, Realme Book Prime bisa menjadi pilihan laptop baru yang menarik untuk dilirik.

Tidak hanya untuk para pembuat konten (content creator), tetapi juga pengguna laptop pada umumnya. Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan sangat bisa mendukung produktivitas.

Realme Book Prime dibanderol Rp11,5 juta dan bisa diperoleh di Realme Official Stores di e-commerce JD.ID.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya