Bye-bye iPod

iPod.
Sumber :
  • www.pixabay.com/herbert2512

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple akan berhenti memproduksi iPod setelah 21 tahun. Perangkat ini sudah menjadi wajah dari musik portabel dan memulai evolusi meteorik Apple menjadi perusahaan terbesar di dunia.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN

Saat ini, iPod Touch menjadi satu-satunya versi pemutar musik portabel yang masih dijual, dan masih akan tersedia di pasaran hingga persediaan habis, demikian menurut keterangan resmi Apple, seperti dikutip dari situs The Star, Kamis, 12 Mei 2022.

Sejak diluncurkan perdana pada 2001, iPod bersaing dengan pemutar musik lainnya, kemudian tumbang dikalahkan smartphone hingga streaming musik online.

Luhut Sebut Apple Bakal Investasi Besar: Tim Cook Baru Sadar RI Potensial

iPod sudah mengalami beberapa iterasi sejak awal tampilannya menampilkan roda gulir, kapasitas penyimpanan 1.000 lagu, dan masa pakai baterai 10 jam.

Versi paling terbaru, iPod Touch, diluncurkan pada 2007 yang berbarengan dengan kemunculan perdana iPhone. Apple lalu berhenti melaporkan penjualan iPod pada 2015.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

iPod Touch generasi ketujuh yang rilis pada 2019 dibanderol mulai dari US$199 atau Rp2,8 juta untuk varian 32GB dan US$399 atau Rp5,7 juta untuk varian 256GB.

Perangkat tersebut memiliki layar 4 inchi dengan bentuk yang ramping serta ringan. Kemudian, pada bagian bawah mempunyai tombol home, namun sayangnya, tidak disertai dengan teknologi Touch ID Apple sehingga untuk keamanan harus menggunakan kode sandi enam digit.

Sebelumnya, Apple nampaknya akan mengganti seluruh model "notch" atau kerap disebut poni oleh para pengguna iPhone yang sudah dikenalkan sejak 2017 di seri iPhone 15.

Poni dikabarkan juga akan dihilangkan dari model iPhone 14 Pro namun tetap dipertahankan di versi standard. Kabar itu dibawa langsung oleh CEO Display Supply Chain Consultants Young Ross, yang dikenal sebagai konsultan dan memang sudah lama bergerak di bidang panel layar ponsel dan keterbaruan tampilan ponsel.

Dalam cuitan terbarunya, Young Ross membagikan peta jalan iPhone terkait penghilangan "notch" dan menunjukkan peta jalan untuk versi standar maupun versi pro. Seluruh model "notch" akan ditiadakan mulai seri iPhone 15 dan model "pill and hole" dipilih untuk menggantikannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya