Mengenang iPod

Pendiri Apple mendiang Steve Jobs saat meluncurkan iPod.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple diketahui sudah menghentikan produksi pemutar musik iPod setelah 21 tahun berada di pasar.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Bahkan, versi paling barunya, iPod Touch yang diluncurkan pada 2007, belum diperbarui sejak 2019. Namun, sebagian besar fiturnya telah dimasukkan ke dalam perangkat dan layanan Apple lainnya.

Apple memastikan akan terus menjual iPod Touch hingga persediaannya habis, seperti dikutip dari situs Metro, Senin, 23 Mei 2022.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Ketika diperkenalkan oleh Pendiri Apple mendiang Steve Jobs pada 2001, iPod adalah pemutar MP3 pertama yang mampu menyimpan 1.000 lagu dan dilengkapi dengan masa pakai baterai hingga 10 jam.

Selain kapasitas penyimpanannya besar, earpod putih di dalam kotak juga merupakan simbol status pengguna, di mana hal yang sama seperti saat membawa iPhone terbaru saat ini.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

iPod terus diproduksi hingga beberapa versi perangkat, termasuk iPod mini dan iPod nano. Versi ini ternyata juga mengubah nasib Apple karena penjualannya yang melampaui ratusan juta unit di seluruh dunia.

Meski begitu, kedigdayaan iPod diprediksi akan runtuh. Banyak ahli memperkirakan bahwa perangkat musik portabel itu tidak mungkin untuk tetap diproduksi dalam jangka panjang karena kebangkitan iPhone dan smartphone Android yang juga memiliki pemutar musik khusus.

Wakil Presiden Senior Pemasaran Apple Greg Joswiak mengatakan iPod telah mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan. Menurutnya, musik selalu menjadi bagian inti di Apple dan membawanya ke ratusan juta pengguna.

Seperti iPod yang berdampak lebih dari sekadar industri musik, kehadiran perangkat ini juga mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan.

Ia menambahkan jika Apple Music menghadirkan kualitas suara terdepan di industri dengan dukungan untuk audio spasial.

"Hingga saat ini semangat iPod tetap hidup. Kami telah mengintegrasikan pengalaman musik yang luar biasa di semua produk kami. Mulai dari iPhone hingga Apple Watch, HomePod mini dan seluruh Mac, iPad serta Apple TV sekalipun," kata Greg.

iPod Touch generasi ketujuh yang rilis pada 2019 dibanderol mulai dari US$199 atau Rp2,8 juta untuk varian 32GB dan US$399 atau Rp5,7 juta untuk varian 256GB.

Perangkat tersebut memiliki layar 4 inchi dengan bentuk yang ramping serta ringan. Kemudian, pada bagian bawah mempunyai tombol home, namun sayangnya, tidak disertai dengan teknologi Touch ID Apple sehingga untuk keamanan harus menggunakan kode sandi enam digit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya