Kamera Ponsel Premium Xiaomi Bakal Makin Canggih

Xiaomi menggandeng Leica.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA – Xiaomi dan Leica resmi bermitra strategis jangka panjang untuk mengembangkan smartphone flagship, atau premium alias kelas atas yang akan diluncurkan pada Juli 2022.

Zara Putri Ridwan Kamil Unggah Foto Produk Pro-Israel, Langsung Tuai Hujatan

Xiaomi menjadi perusahaan teknologi keempat yang berkolaborasi dengan Leica untuk mengembangkan ponsel dengan kualitas kamera skala fotografer setelah Sharp, Huawei, dan Panasonic.

Namun, Xiaomi belum mengungkap apapun soal smartphone andalan seri apa yang akan dirilis, menurut situs Gizmochina, Senin, 23 Mei 2022.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Mengingat ponsel ini akan diluncurkan maka diperkirakan bakal ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang baru-baru ini diumumkan.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Xiaomi Lei Jun menyampaikan bahwa perusahaan dan Leica memiliki kesamaan ide terkait pencitraan fotografi mobile.

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Keduanya pun mengeksplorasi kemampuan optik dan pengalaman fotografi di era pencitraan fotografi mobile lewat terobosan teknologi dan desain.

"Kami fokus menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik dan terus berharap untuk dapat membawa kemampuan fotografi smartphone ke arah yang lebih ekstrem," katanya.

Ia melanjutkan bahwa kerja sama ini akan menjadi dorongan hebat untuk strategi Xiaomi dalam hal pencitraan foto.

Lewat kerja sama ini pula berbagai hal seperti desain optik, orientasi estetik, teknologi inovatif, filosofi produk, dan preferensi pencitraan foto dari kedua pihak akan menghadirkan kolaborasi dan perpaduan yang hebat.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Leica Camera AG Matthias Harsch menyebut perusahaannya dan Xiaomi merupakan merek premium global. Lewat proses kerja sama mendalam ini, kedua pihak diklaim berhasil menghadirkan era baru fotografi mobile.

"Kami yakin, kehadiran produk smartphone flagship yang dikembangkan kedua perusahaan akan menjadi wujud terobosan. Kami juga berkomitmen menghadirkan kualitas gambar menakjubkan, estetika klasik Leica, kreativitas tak terbatas, dan membuka era baru bagi konsumen fotografi mobile," tutur Harsch, dilansir dari GSM Arena.

Xiaomi mengikuti jejak Huawei dalam menawarkan fitur pembeda terhadap smartphone premium sehingga menjadikannya menonjol di antara perangkat dari merek lain.

Tren tersebut dimulai oleh Huawei pada 2016 ketika perusahaan bermitra dengan Leica untuk fitur kamera pada smartphone andalannya. Disusul OnePlus dan Oppo yang juga telah bekerja sama dengan Hasselblad, sementara Vivo bermitra dengan Zeiss.

Meskipun Xiaomi belum mengungkapkan smartphone apa yang akan menggunakan Leica, namun, kemungkinan besar adalah Xiaomi 12 Ultra. Jika rumor terus berlanjut maka perangkat itu nampaknya akan dikemas dengan fitur spesial.

Laporan: Muhammad Naufal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya