Penting Nih! Simak Cara Cek RAM di Laptop

Beraktivitas di laptop.
Sumber :

VIVA – Perangkat yang kamu gunakan adalah benda yang perlu dipahami bagaimana RAM bekerja dalam perangkat tersebut, karena RAM merupakan otak dari laptop kamu. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara cek RAM di laptop kamu. Menurut avg.com, RAM adalah memori jangka pendek atau memori kerja laptop kamu.

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

RAM ( random access memory atau memori akses acak) adalah tempat komputer kamu bekerja pada tugas-tugas saat ini seperti program dan aplikasi yang kamu buka. Semakin banyak RAM yang kamu miliki, semakin efisien komputer kamu dapat melakukan banyak tugas dan semakin baik kinerjanya. Simak di bawah ini bagaimana cara cek RAM di laptop yang dikutip dari berbagai sumber. 

Apa itu RAM?

Laptop AI dengan Standar Pentagon

RAM laptop

Photo :
  • unsplash,com

Random Access Memory atau Memori Akses Acak, atau dikenal sebagai RAM, adalah memori sistem yang bertanggung jawab untuk menyimpan informasi penting yang diperlukan untuk menjalankan OS dan semua program yang kamu gunakan di laptop. RAM bertindak sebagai bank memori jangka pendek pada setiap perangkat teknologi (laptop, smartphone, tablet, dll.). Baiknya kamu menggunakan SSD atau HDD, mesin beroperasi lebih cepat saat mengakses dan menjalankan file di komputer.

Laptop untuk Mahasiswa Ini Punya 4 Kelebihan, Jarak Tak Jadi Masalah

Menurut alphr.com, meskipun CPU perangkat kamu menyimpan informasi penting yang dijalankan, seperti informasi tentang sistem operasi, aplikasi, dan hal-hal semacam ini, komputer kamu akan berjalan jauh lebih lambat tanpa RAM karena ada batasan jumlah memori cache di CPU. PC harus menggunakan SSD atau HDD untuk penyimpanan cache sementara.

Cara Cek RAM di Laptop Window

Ilustrasi logo Windows

Photo :
  • microsoft.com

Berikut ini cara cek RAM di laptop Windows 10 dan cara memeriksa RAM di Windows 7 dilansir dari avg.com. 

  1. Buka menu Start Windows kamu. Ketik Informasi Sistem dan klik pada hasilnya untuk membukanya.
  2. Temukan Memori Fisik Terpasang (RAM). 

Sekarang kamu tahu total kapasitas RAM PC kamu, tetapi bagaimana dengan RAM yang tersedia? Dan juga, bagaimana dengan kecepatan dan jenis RAM kamu?

Cara Cek RAM dan Kecepatan RAM yang Tersedia di PC

Masih dari avg.com, kamu akan mengetahui cara untuk memeriksa RAM yang tersedia di Windows 10, ikuti langkah-langkah ini :

  1. Buka Task Manager dengan mengklik kanan pada taskbar Windows dan memilih Task Manager. Arahkan ke tab Performa lalu akan terbuka dengan tampilan CPU yang dipilih, jadi kamu ingin memilih tampilan Memori dari panel navigasi kiri.
  2. Setelah mengklik Memori, kamu dapat melihat kecepatan RAM dan detail lainnya.

Cara Cek RAM di Windows 7

Untuk memeriksa RAM pada Windows 7, ikuti langkah-langkah yang sama yang dijelaskan di atas untuk membuka Windows Task Manager. Dengan Task Manager terbuka, navigasikan ke tab Performance.

Cara Cek RAM di Windows 7

Photo :
  • avg.com

Di sini kamu dapat melihat kami memiliki 1 GB total RAM dan 199 MB RAM yang tersedia.

Kedua contoh ini menunjukkan bahwa saat digunakan, PC umumnya mengkonsumsi sebagian besar dari total RAM mereka.

Cara Cek Jenis RAM di PC

Sayangnya, Microsoft tidak memudahkan untuk mengetahui jenis RAM apa yang kamu miliki di Windows 10, tetapi kamu dapat dengan cepat mengunduh alat gratis untuk membantu kamu mengetahuinya. Ini juga akan berfungsi jika kamu ingin tahu cara memeriksa jenis RAM di Windows 7.

  1. Unduh CPU-Z.
  2. Ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi.
  3. Buka dan klik tab Memori.

Cara Cek Jenis RAM dengan CPU-Z

Photo :
  • avg.com

Di sini kamu dapat melihat jenis RAM DDR3.

Cara Memeriksa Berapa Banyak RAM di Mac

Macbook Apple.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Jauh lebih mudah untuk melihat berapa banyak RAM di Mac. Namun, tidak seperti kebanyakan mesin Windows, hampir tidak mungkin untuk meningkatkan RAM di komputer Apple. Jika kamu memiliki MacBook, RAM disolder ke motherboard dan tidak dapat diakses pengguna. Berikut cara cek RAM di Mac yang dilansir dari howtogeek.com. 

  1. Mulailah dengan mengklik ikon Apple di sudut kiri atas layar Mac kamu.
  2. Selanjutnya, pilih opsi "Tentang Mac Ini" dari menu konteks tarik-turun.

  3. Kamu sekarang dapat melihat spesifikasi Mac kamu, termasuk berapa banyak memori di Mac kamu.

  4. Jika kamu ingin melihat jenis RAM yang telah kamu instal, pertama, klik tombol "Laporan Sistem".

  5. Dari sana, pilih "Memori" dari bilah sisi kiri. Jumlah memori dan jenis RAM akan ditampilkan di sisi kanan layar.

Mengapa Kamu Perlu Mengetahui Berapa Banyak RAM yang Dimiliki Laptop Kamu

Menurut alphr.com, alasan paling umum untuk mengetahui berapa banyak RAM yang dimiliki sistem kamu adalah untuk memastikan game atau aplikasi berjalan dengan lancar. Sebelum membeli RAM yang sistem kamu mungkin tidak mendukung, mengetahui kemampuan sistem kamu mencegah kamu menderita kekecewaan dan iritasi.

Kamu mungkin juga perlu mengetahui detail RAM jika kamu ingin meningkatkan sistem kamu. Mengetahui apa yang kamu miliki dan apa yang kompatibel dengan komponen yang ingin kamu pasang sangat penting untuk mencegah kesalahan yang fatal.

Berapa Banyak RAM yang Kamu Butuhkan?

Menentukan berapa banyak RAM yang kamu butuhkan sangat sederhana. Untuk RAM 4GB itu sudah termasuk rendah untuk sebaian besar aplikasi yang akan digunakan. RAM 8GB sangat ideal kecuali kamu seorang gamer berat atau menggunakan CAD atau program pengeditan video. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menggunakan setidaknya 16GB RAM.

Saat kamu menggunakan komputer, banyak program berjalan di latar belakang, tidak hanya saat memulai tetapi juga sepanjang hari. Bahkan jika kamu tidak membuka aplikasi, mereka terus berjalan, menghabiskan RAM dan daya CPU perangkat kamu. Kamu dapat menghentikannya secara paksa, tetapi proses latar belakang yang membandel ini biasanya akan terbuka lagi saat berikutnya kamu me-restart laptop kamu. 

Tas laptop.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Buat kamu yang memiliki laptop maupun HP (smartphone/ponsel pintar) tua jangan coba-coba dijual kalau tak mau menyesal. Saran itu disampaikan karena ...

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024