Internet Explorer Resmi Pensiun

Internet Explorer
Sumber :
  • flickr

VIVA – Internet Explorer salah satu produk teknologi yang lekat dengan anak 90-an. Internet Explorer akan dimatikan oleh Microsoft pada 15 Juni 2022.

Momen Haru Irjen Ahmad Luthfi Lebaran Bareng Anggota: Ini Operasi Ketupat Terakhir Saya

Internet Explorer mulai rilis pada 24 Agustus 1995 atau 27 tahun lalu. Dimatikannya Internet Explorer memang bukan suatu hal yang mengejutkan. Sejak 2020, Microsoft sudah mengumumkan bahwa Internet Explorer akan dihilangkan pada versi Windows 10. Pihak Microsoft juga telah mengingatkan pengguna selama beberapa bulan terakhir untuk berhenti menggunakan Internet Explorer.

Puncak kejayaan Internet Explorer pada tahun 2003, saat itu penggunanya secara global mencapai 95 persen. Setelah pensiun, peramban alias browser Internet Explorer (IE) akan dinonaktifkan. Sebagai pengganti Internet Explorer, nantinya akan digantikan oleh Microsoft Edge yang berbasis Chromium. Setiap pengguna yang membuka Internet Explorer 11 akan diarahkan ke Edge.

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun, PBSI Panggil Minions

Dilansir dari Bleeping Computer, Microsoft akan mematikan Internet Explorer pada Windows 10 klien SKU (versi 20H2 dan setelahnya) dan Windows 10 IoT (versi 20H2 dan setelahnya). Internet Explorer masih tersedia di Windows 7 ESU, Windows 8.1, dan semua versi Windows 10 LTSC klien, IoT, dan Server.

Aplikasi desktop Internet Explorer (IE) qq akan menghentikan dukungannya untuk channel semi tahunan Windows 10 mulai 15 Juni 2022,” kata Microsoft dikutip dari Beeping Computer.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Untuk sistemoperasi yang didukung, Internet Explorer 11 akan terus menerima update keamanan dan dukungan teknis untuk siklus hidup versi Windows yang diinstal,” timpalnya. 

Pengganti dari Internet Explorer yang tidak tersedia di Windows 11 karena akan digantikan oleh Microsoft Edge sebagai browser default di sistem terbarunya. Tetapi, Internet Explorer masih tersedia di IE Mode yang bisa diakses lewat Edge. 

Seiring berjalannya waktu hingga 2029, Microsoft akan memberi dukungan untuk IE Mode di Edge untuk memodernisasi aplikasi lama dan pada akhirnya dimatikan. 

Pada 30 November 2020 Microsoft memberi dukungan untuk mengakses Teams di Internet Explorer. Begitu juga untuk dukungan Microsoft 365 yang berhenti pada 17 Agustus 2021. Itulah beberapa aplikasi yang sudah tidak didukung Microsoft menggunakan Internet Explorer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya