8 Aplikasi Kasir Android yang Cocok untuk Bisnis UMKM

Loyverse POS.
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Saat ini sudah banyak aplikasi kasir Android yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat beragam nota keuangan dengan mudah. Apalagi bila kamu belum mempunyai budget yang cukup untuk membeli mesin kasir. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di ponsel Android. Semua orang tampaknya sudah mengetahui bahwasannya mesin kasir adalah sarana untuk mencatat atau menyimpan hasil pembayaran yang berupa uang. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Selain bisa dimanfaatkan untuk melacak hasil pembayaran, kasir juga bermanfaat untuk menghitung jumlah pembayaran dengan seperti kalkulator. Umumnya, mesin kasir ada di toko besar, swalayan, atau supermarket. Harga perangkat mesin kasir ini tidaklah murah, seperti di toko online, harganya bisa mencapai 2-10 jutaan. Harga ini mungkin cukup berat untuk pelaku usaha, khususnya untuk mereka yang mempunyai bisnis menengah atau mikro (UMKM). 

Untungnya dengan kemajuan teknologi, pencatatan transaksi kini tak perlu sampai menggunakan mesin kasir yang mahal. Karena sudah ada beberapa aplikasi kasir gratis yang bisa dimanfaatkan dan mempunyai fungsi yang sama. Bahkan, beberapa aplikasi kasir ini sudah tersedia untuk semua jenis ponsel, baik Android maupun iOS. Nah, berikut ulasan tentang aplikasi kasir Android yang dirangkum VIVA Tekno dari berbagai sumber. 

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. Moka POS

Moka POS

Photo :
  • Tangkapan Layar
Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Moka POS. Software ini tidak hanya bisa digunakan di Android tetapi juga iOS. Moka POS juga berbasis cloud yang memungkinkan kamu mengelola bisnis dengan lebih efisien. Mulai dari pengecekan stok barang, pembuatan menu, dan pengecekan transaksi, semuanya bisa dilakukan dengan satu aplikasi. 

Kamu juga dapat membuat laporan keuangan secara real-time dan dapat diterapkan secara online maupun offline. Hadir dengan biaya yang relatif terjangkau, Moka POS dapat menjadi salah satu alternatif pilihan aplikasi kasir bagi pelaku usaha UMKM. Aplikasi kasir Android ini juga hadir dengan tampilan user interface sederhana. 

2. Vend

Vend

Photo :
  • Tangkapan Layar

Jika kamu sedang mencari aplikasi kasir Android terbaik untuk menjalankan usaha mikro, Vend bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Aplikasi ini dirancang khusus untuk pelaku bisnis retail agar dapat mempermudah pengelolaan data terkait penjualan, ketersediaan barang, dan transaksi jual beli dengan harga yang relatif terjangkau.

Vend juga dianggap sebagai salah satu aplikasi yang paling fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memasukkan data dengan berbagai cara termasuk menggunakan mouse, keyboard, atau layar sentuh. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk meningkatkan visibilitas layar POS dan mendapatkan akses ke item atau proses populer dengan cepat.

3. Square Register

Square Register

Photo :
  • Tangkapan Layar

Saat membahas aplikasi kasir Android terbaik untuk bisnis UMKM, kamu harus memasukkan Square Register di bagian atas daftar. Square Register merupakan aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli baik di Android maupun iOS. Tidak hanya debit, aplikasi ini juga dapat memroses transaksi melalui kartu kredit. 

Ada berbagai fitur menarik yang ditawarkan Square Register, antara lain pelacakan stok barang, penjualan real time, dan juga pengelolaan barang. Square Register juga memberikan transaksi yang lebih cepat untuk menghasilkan laporan penjualan sampai menyimpan penerimaan digital. Bahkan, aplikasi ini juga menawarkan laporan cerdas, analisis untuk pengguna, dan wawasan tentang operasi mereka. 

4. Kasir Pintar

Kasir Pintar

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kasir Pintar adalah salah satu aplikasi kasir Android yang bisa dipakai secara gratis tanpa tambahan biaya sedikitpun untuk membantu melakukan pengelolaan keuangan bisnis kamu, terutama yang baru merintis usaha. Kemudahan aplikasi kasir Android ini juga dilengkapi pemakaian navigasi, sehingga bisa digunakan dengan mudah oleh pemula sekalipun.

Aplikasi ini juga memanfaatkan sistem cloud sehingga bisa diakses dengan mudah secara offline dan online. Salah satu fitur utama dari aplikasi kasir restoran gratis ini adalah bisa untuk membaca barcode, yang dapat kamu gunakan untuk mengatur harga setiap item. Caranya cukup mengarahkan kamera ponsel ke dalam barcode setiap item produk yang dijual.

5. Pawoon

Pawoon

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi mesin kasir sederhana ini tampak lebih modern untuk memudahkan para penggunanya. Untuk pemilik usaha yang mempunyai banyak cabang toko, seperti retail, franchise, restoran, kafe, dan bisnis lainnya, kini kamu lebih mudah untuk mengontrol semua transaksi penjualan di seluruh cabang bisnis dengan memakai aplikasi ini.

Hal ini karena, dengan memakai aplikasi Pawoon kamu bisa melihat transaksi secara langsung lintas industri secara realtime lantaran aplikasi yang satu ini juga memakai sistem cloud sehingga bisa dipakai baik secara offline maupun online. Dalam aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan laporan harian secara otomatis, tetapi juga bisa terhubung ke berbagai printer termal atau titik matriks memakai LAN atau Bluetooth.

6. Qasir

Qasir

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi kasir Android berikutnya adalah Qasir. Sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa dipakai oleh pengguna Android. Qasir sendiri mempunyai beberapa fitur utama seperti kasir digital, pencetakan struk, tidak ada batasan outlet cabang, pembayaran virtual, laporan penjualan selama 30 hari terakhir, sampai catatan kasbon. 

Aplikasi Qasir ini bisa dipakai secara gratis maupun berbayar. Untuk pengguna yang ingin berlangganan, tentu saja fitur yang ditawarkan lebih beragam. Pelanggan berbayar akan mendapatkan berbagai fitur tambahan lain, seperti laporan keuangan secara lebih lengkap, ada absen karyawan, sampai terintegrasi dengan layanan pesan antar makanan online. 

Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh PT Solusi Teknologi Niaga dan bisa diunduh secara gratis lewat Google Play Store. Aplikasi ini sudah mempunyai rating 4.6 dari lima dengan ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar yaitu 41 MB. 

7. Kasir Pos Ireap Lite

Kasir Pos Ireap Lite

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rekomendasi aplikasi kasir Android berikutnya dalam Pos Ireap Lite. Aplikasi ini tak berbayar dan bisa dipakai lewat Android dan bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah penjualan seperti pada umumnya, kemudian fitur pengembalian barang bila ada retur, kategori barang, pencatatan barang, dan jumlah barang. 

Selain itu, aplikasi kasir gratis ini juga mempunyai fitur manajemen stok yang berisi tentang pengaturan untuk stok barang masuk dan keluar. Dalam aplikasi ini, kamu juga bisa melihat jumlah profit, audit stok, dan penjualan terbanyak, serta ada pula laporan penjualan yang di bagian menu laporan. 

8. Loyverse POS

Loyverse POS.

Photo :
  • Tangkapan Layar

Aplikasi kasir Android berikutnya adalah Loyverse POS yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur, seperti metode untuk pembayaran yang beragam, yaitu tunai dan non tunai, mencetak struk, menyingkat daftar item, beroperasi secara offline, dan lain sebagainya. 

Loyverse ini dikembangkan oleh Cavius International Limited dan mempunyai ukuran file 21 MB untuk ponsel Android dan 242 MB untuk iPhone. Aplikasi ini juga mempunyai rating 4.4 dari lima dan mempunyai fitur dasar kasir online sampai manajemen inventaris. 

HarmonyOS Huawei.

Huawei Optimis Bisa Saingi Android dan iOS, Dorong HarmonyOS ke Pasar Global

Pimpinan Huawei, mengumumkan rencana perluasan global untuk perusahaan teknologi raksasa China tersebut. Xu menyatakan keyakinan bahwa HarmonyOS, sistem operasi Huawei.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024