Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Pentingnya nomor HP tetap aktif (Ilustrasi simcard ponsel)
Sumber :
  • vstory

VIVA – SIM card tidak terbaca tiba-tiba saat digunakan? Pastinya bete banget, apalagi kalau sedang dalam keadaan darurat.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Tak peduli secanggih smartphone apapun zaman sekarang, pasti ada saja cacat atau yang dialami. Hal ini disebabkan smartphone itu sendiri adalah ciptaan dari manusia. Salah satu yang timbul pada smartphone, adalah tidak terbacanya SIM card  pada ponsel.

Penyebab dari SIM card yang tiba-tiba tak terbaca ada beragam, seperti kartu SIM sudah lama dipakai maka perlu diganti di gerai penyedia terdekat.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Viva kali ini memberikan informasi penyebab dan cara mengatasi SIM Card yang tidak terbaca dikutip dari berbagai sumber sebagai berikut.

Penyebab Sim Card Tidak Terbaca

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Kartu SIM atau SIM card.

Photo :

Banyak Beragam penyebab SIM card tidak terbaca, setidaknya terdapat tiga masalah yang perlu diamati terlebih dahulu sebelum mengatasinya.

1. Usia SIM card sudah terlalu lama

Setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga Setiap barang tentu memiliki masa pakai tersendiri, termasuk juga Sim Card yang memiliki masa pakai beragam, geng.

Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada Sim Card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan, geng.

Jika terus dibiarkan, kondisi ini pun akan semakin parah dan akhirnya membuat Sim Card  tidak terbaca oleh smartphone. Sim Card  yang memiliki masa pakai beragam.

Mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan pada Sim Card akan mengalami degradasi dan menjadi kurang layak digunakan. Jika terus dibiarkan, kondisi ini pun akan semakin parah dan akhirnya membuat Sim Card  tidak terbaca oleh smartphone.

2. Kuningan Sim Card Rusak

Kuningan adalah komponen terpenting dalam sebuah Sim Card karena berisikan data-data pengguna. Selain rusak jangka waktu, kuningan ini juga bisa rusak karena sering dipindahkan ke smartphone lain sehingga akan lebih banyak mengalami kesulitan.

Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah Sim Card tidak terbaca di HP Android atau bahkan HP iPhone sekalipun, coba deh kamu ingat-ingat seberapa sering kamu memindahkan kartu SIM milikmu.

3. Sim Card Overheat

Masalah panas berlebih sering terjadi di beberapa smartphone Android. Nah, penyebab lain SIM Card tidak terbaca adalah karena masalah ini, geng.

Posisi SIM Card yang umumnya terletak dekat komponen rawan panas, menyebabkan benda ini menjadi terlalu panas dan merusak kuningan beserta data di dalamnya.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Ilustrasi SIM card.

Photo :
  • Flickr/Simon Yeo

Setalah mengetahui penyebab SIM Card tidak terbaca sebaiknya kamu langsung gunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Bersihkan SIM card

Bila cara pertama dan kedua kurang ampuh, jangan panik dulu. Cobalah untuk membersihkan SIM card yang kamu gunakan. Cara ini berpotensi membersihkan debu-debu yang ada di dalam kartu, khususnya di daerah chip atau bagian kuning SIM card.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, matikan HP dan lepas kartu dari ponsel. Bersihkan SIM card dengan tisu. Bila sudah bersih, pasang kembali SIM card  dan tunggu hingga jaringan tersedia.

2. Coba SIM Card lain

Ada beberapa cara nih untuk kamu yang mungkin SIM Card  nya tidak terbaca. Salah satunya adalah coba SIM card lain pada smartphone yang kamu pakai.

Jika ternyata kartu yang baru bisa terbaca, maka SIM Card lama kamu sedang mengalami kendala. Karenanya, coba menghubungi penyedia layanan SIM kamu untuk konsultasi penggantian kartu baru.

3. Atur Penggunaan Jaringan

Kartu SIM masih saja belum terbaca? menyukai ulang jaringan. Metode ini cukup bisa diaplikasikan dalam smartphone kamu, jadi akses lewat HP saja tanpa mematikannya.

Cara mengatur ulang jaringan, ikuti panduan sebagai berikut:

  • Pergi ke menu Setting.
  • Pilih Jaringan & Internet.
  • Ketuk Jaringan Seluler.
  • Nama Titik Akses.
  • Aturlah setting-an APN sesuai dengan provider kartu yang kamu gunakan.

3. Hubungi Customer Service Provider

 kamu bisa melakukan perbaikan SIM card cukup dengan menghubungi Customer Service provider kartu yang kamu gunakan. Kamu bisa mengunjungi gerai terdekat. Kemungkinan yang akan ditawarkan oleh pihak provider adalah dengan mengganti SIM card  dengan yang baru. Tenang saja, cara ini tidak akan mengganti nomor kamu, hanya kartu saja yang diganti baru.

4. Reset Data Handphone

Cara yang kelima ini cukup ekstrem. Bila sinyal tak kunjung keluar, maka kamu dianjurkan untuk melakukan hard restart alias me-refresh ulang ponsel kamu secara kasar.

Cara ini berpotensi menghapus semua data-data pada ponsel kamu. Karena itu, ada baiknya kamu melakukan back up data sebelum melakukan cara ini. Selain itu, cara ini membantu untuk mengembalikan smartphone kamu ke semula, seperti kamu membeli pertama kali sehingga pengaturan jaringan pada HP kamu akan dikondisikan layaknya semula.

Nah, Itu penyebebab dan cara mengatasi Sim Card yang tidak terbaca, semoga bermanfaat!

Ilustrasi aplikasi di smartphone

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dua HP (smartphone/ponsel pintar) terendus akan meluncur pada pekan ini atau dua minggu usai Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024