Manusia Digital Pertama di Dunia Telah Lahir

Ilustrasi 'digital human'.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA – V2 Indonesia, anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk atau MCAS, berkolaborasi dengan Digital Domain membuat terobosan teknologi yang dinamakan digital human.

Teknologi 'Extended Reality' Mulai Dipakai untuk Keperluan Ibadah

Kepala Eksekutif V2 Indonesia Rudi Hidayat mengatakan digital human terbagi menjadi dua jenis. Keduanya, yaitu digital human dalam bentuk orang, dan virtual human yang berbentuk avatar untuk dijadikan sebagai influencer.

Digital human

Perkembangan Metaverse Indonesia Sudah sampai Mana?

Untuk pertama kalinya, mereka memperkenalkan Teresa Teng sebagai manusia digital pertama yang mereka berhasil buat. "Kami menyajikan orang yang real, tapi bukan beneran, digital human," kata dia di Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022.

Nah, manusia digital yang pertama lahir di dunia adalah Teresa Teng. Sebagai informasi, artis dan penyanyi papan atas Taiwan ini sudah meninggal dunia pada 1995.

Kim Soo Hyun, Bintang Hallyu Pertama yang Bakal Jadi Manusia Digital

Menurut Rudi, nantinya mereka akan membuat konser digital human pertama dengan menampilkan Teresa Teng sebagai bintang utama melalui hologram. Adapun, konser tersebut akan diadakan secara online maupun offline pada tahun ini di Jakarta.

Tidak berhenti sampai di situ. Ke depannya, mereka berniat untuk membuat artis-artis lainnya dalam bentuk digital human.

"Kehadiran Teresa Teng sebagai digital human pertama hanya awalan. Supaya orang-orang tahu kalau teknologi ini ada," jelas Rudi.

Virtual Human

Ini adalah avatar yang diciptakan untuk dijadikan sebagai influencer. Virtual human atau manusia maya memiliki tingkat kemiripan hampir 100 persen dengan manusia asli.

Rudi mengaku akan meluncurkan satu nama avatar untuk dijadikan influencer. "Ya, sebentar lagi akan ada yang namanya virtual human. Jadi, orang bikin avatar-avatar untuk jadi influencer," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya