iOS 16 Keluarkan Fitur yang Dapat Mengakses Password WiFi

iOS 16.
Sumber :
  • CNET

VIVA – Pembaruan iOS 16 dalam iPhone mencakup serangkaian peningkatan kualitas yang membuat penggunaannya memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan fitur terbaru yang akan dikeluarkan di iOS 16 yakni dapat mengakses password untuk jaringan WiFi yang disambungkan.

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

iOS 16 sendiri akan diluncurkan dengan banyak fitur-fitur baru, termasuk fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses password jaringan WiFi tersebut dari menu pengaturan di perangkat ponsel.

Fitur ini juga memungkinkan para pengguna iOS 16 untuk mengakses password jaringan WiFi yang tidak diketahui saat berada di tempat teman, kerabat atau bahkan di tempat umum. 

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Fitur akses password WiFi

Fitur akses password WiFi di iOS 16

Photo :
  • macrumors
Didatangi Bos Apple, Prabowo: Kehormatan Bagi Saya Dapat Bertemu dengan Anda

Mengutip dari Know Techie, fitur baru ini memang tidak diungkapkan secara eksplisit, namun fiturnya sudah tersedia di versi pengembang iOS 16. Fitur ini juga memungkinkan para penggunanya dapat membagikan password WiFi mereka dengan perangkat lain yang terdekat.

Tersedia untuk iPhone dan iPad

Tetapi fitur tersebut saat ini hanya tersedia untuk perangkat iPhone dan iPad saja. Pengguna tidak dapat menggunakannya untuk terhubung ke perangkat lain. Dengan pemutakhiran pada iOS 16, pengguna dapat menyimpan password WiFi ke papan klip dan membagikannya dengan mudah kepada siapa pun melalui pesan, email atau di mana pun.

Hanya berfungsi saat perangkat terhubung WiFi

Fitur untuk mengakses password WiFi ini akan berfungsi selama pengguna terhubung ke jaringan WiFi atau pernah terhubung ke jaringan sebelumnya. Kemudian, pengguna dapat meluncurkan pengaturan WiFi di iPhone dan menemukan password di bagian informasi 'i' berwarna biru.

Password tetap terlindungi

Tentu saja, terdapat langkah-langkah untuk melindungi password WiFi yang tersimpan di perangkat iPhone atau iPad kamu. Sebelum kamu dapat mengaksesnya, kamu harus memasukkan password atau menggunakan Face ID dan Touch ID untuk melakukan verifikasi. Jadi, meskipun kamu telah membuka iPhone yang terkunci, namun pengguna tidak dapat melihat password kamu tanpa memiliki kode atau biometrik tersebut. 

Diluncurkan bulan September dengan fitur baru lainnya

Ini adalah fitur berbagi Wi-Fi yang super nyaman dengan kehadiran iOS 16. Sekaligus juga dengan beberapa pembaruan mengesankan lainnya seperti layar kunci yang dapat disesuaikan serta pengeditan dan berbagi foto yang diperbarui. iOS 16 akan diluncurkan pada bulan September tahun ini bersamaan dengan perilisan iPhone 14.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya