Hati hati, Inilah 10 Virus yang Bisa Merusak Gadgetmu

Virus komputer.
Virus komputer.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mendapati virus yang bisa merusak gadgetmu tentu bukan kasus yang mengejutkan. Pasalnya, hal ini sering terjadi dan dialami oleh beberapa pengguna dengan berbagai cara.

Virus tidak hanya menyerang makhluk hidup saja, nyatanya virus juga bisa menyebar ke berbagai perangkat gadget Anda, seperti komputer salah satunya. Yang namanya virus pasti sangat merugikan bahkan membahayakan target yang terinfeksi olehnya.

Seperti beberapa virus yang bisa merusak gadgetmu. Selain merusak, virus juga bisa meretas data yang kamu miliki. Tidak hanya itu, data bisa saja disalahgunakan untuk kepentingan orang yang menanamkan virus pada perangkat gadgetmu. 

Pada faktanya, virus pada komputer dan peretasan bisa merugikan bisnis AS $ 109 Miliar per tahun . Dengan taruhan tinggi seperti itu, perlu waspada . Tetapi kecuali Anda tahu apa yang Anda hadapi, akan sulit untuk menganggap serius keamanan jaringan. Berikut ini akan kami bagikan sederet virus yang bisa merusak gadgetmu, melansir dari lifars.com.

CryptoLocker

CryptoLocker Ransomware dirilis pada September 2013 dan menyebar melalui lampiran email dan mengenkripsi file pengguna sehingga mereka tidak dapat mengaksesnya. Virus adalah bentuk ransomware berbahaya yang mengenkripsi file di komputer.

Korban harus membayar sejumlah tertentu melalui bitcoin sebagai imbalan untuk dapat mengakses file atau dokumen. Untuk mendekripsi file, seseorang / korban harus memiliki kunci pribadi untuk mendekripsi file. Setelah file terinfeksi, file tersebut secara efektif hilang selamanya.

Pada Juni 2014, Operasi Tovar menjatuhkan Evgeniy Bogachev, pemimpin geng peretas di belakang CryptoLocker. Pada bulan Februari, FBI menawarkan hadiah $ 3 juta yang keren untuk Bogachev.

Ada banyak cara untuk menghindari virus CryptoLocker seperti dengan memperbarui perangkat lunak antivirus dan perlindungan malware, mengabaikan lampiran atau file yang mencurigakan, dan dengan tidak mengklik tautan acak atau tidak dikenal. Juga, selalu merupakan ide bagus untuk selalu mencadangkan file Anda.

Layanan siber proaktif LIFARS seperti penilaian kesenjangan komprehensif , tim merah, pengujian penetrasi ,  perburuan ancaman jarak jauh, dan penilaian kerentanan mengungkapkan kerentanan perusahaan.

Strain ransomware baru yang berbahaya termasuk DoppelPaymer dan Bitpaymer oleh Evil Corp, dan dapat dihapus oleh Cyber ??Vaccines.