Apa Saja Kehebatan Mesin Cuci dengan Kecerdasan Buatan

Mesin cuci LG berbasis AI DD dengan ezDispense.
Sumber :
  • LG Electronics Indonesia

VIVA – Raksasa elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics, terus melakukan terobosan untuk memperkuat pasarnya di Indonesia. Kali ini, mereka merilis produk inovasi mesin cuci berbasis AI DD dengan ezDispense.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Menurut Head of Product Marketing Home Appliance LG Electronics Indonesia, Rumbi Simanjuntak, mesin cuci terbarunya itu memiliki tabung berkapasitas 13 kg untuk pencucian dan 8 kg untuk pengeringan, sehingga lebih fleksibel untuk menangani jumlah cucian besar dalam satu kali pencucian.

Mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense ini dilengkapi dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan. Dengan begitu, mesin cuci ini mampu mengenali berat muatan hingga jenis bahan pakaian.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

"Informasi ini kemudian digunakan untuk menentukan siklus pencucian paling sesuai secara otomatis,” kata Rumbi, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 7 Juli 2022.

Lalu, ezDispense dirancang mampu menentukan takaran tepat jumlah deterjen yang dibutuhkan untuk setiap kali pencucian. Selain itu, keberadaan ezDispense menghindarkan pengguna mengisi deterjen setiap kali akan melakukan pencucian.

Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Hal ini karena wadah pintar deterjen ini dirancang memiliki kapasitas tampung hingga 35 kali pencucian untuk deterjen cair.

"ezDispense terhubung dengan sensor pada mesin cuci yang memberikan sinyal pada pengguna saat jumlah deterjen pada titik minimal sebagai tanda diperlukannya pengisian ulang," tuturnya.

Bila pengguna memiliki kebutuhan untuk menggunakan pelembut (softener) saat pencucian, wadah yang terbagi dua ini dapat dimanfaatkan secara manual untuk bergantian antara deterjen dan softener.

Sementara soal pembersihan wadah ini pun tak susah. Cukup dengan menekan tombol Dispenser Clean pada penampang depan mesin cuci ini akan memerintahkannya untuk membersihkan ezDispense dengan aliran air selama tujuh menit.

Mesin cuci LG berbasis AI DD dengan ezDispense.

Photo :
  • LG Electronics Indonesia

Selain kemudahannya, keberadaan ezDispense juga memberikan penghematan signifikan bagi penggunaan deterjen. Dalam penelitian yang dilakukan LG didapatkan hasil jika ezDispense dapat memberikan penghematan 3,350 mililiter deterjen untuk setiap 100 kali pencucian.

"Keberadaan ezDispense ini juga lebih ramah lingkungan," ungkap dia.

Mengenai pembersihan pakaian dari berbagai noda, keberadaan TurboWash 360 membuat deterjen dapat merasuk hingga ke serat halus pakaian, sehingga melepaskan berbagai noda yang melekat di pakaian. Teknologi istimewa ini membuat proses pembersihan hanya perlu waktu 39 menit.

Soal higienitas, ia mengklaim cukup bagus. Dengan fitur Steam+ yang merupakan pengembangan dari teknologi pembersihan dengan uap air dari LG sebelumnya, memiliki kemampuan mencapai suhu 75 derajat Celcius dan mempertahankannya selama beberapa waktu sepanjang pembersihan.

"Fitur Steam+ ini juga dirancang untuk dapat mengurangi kerutan pakaian," papar Rumbi. Mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense siap dipasarkan di berbagai toko elektronik maupun jaringan penjualan daring terkemuka di Indonesia dengan harga mulai dari Rp13 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya