Ini Raja Produsen Chipset Dunia

Chipset Qualcomm Snapdragon 888.
Sumber :
  • CNET

VIVA Tekno – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) secara resmi menjadi pimpinan produsen semikonduktor di dunia, pada periode bulan Januari hingga Maret 2022. Hal ini diungkapkan oleh laporan terbaru dari firma riset Counterpoint.

Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

Berdasarkan laporan tersebut, dikutip dari GSMArena, Jumat 8 Juli 2022, TSMC menguasai 70 persen pangsa pasar dari angka prosesor aplikasi, system on chip (SoC) dan modem selular yang disematkan pada chipset smartphone.

Sementara itu, posisi dua produsen chipset terbesar dihuni oleh Samsung Foundry dengan penguasaan 30 persen pangsa pasar.

Samsung Punya Power Bank 20.000mAh, Harganya Rp800 Ribuan

Angka ini sekaligus juga menunjukkan TSMC mampu membalik keadaan dengan menggantikan dominasi pengiriman chipset smartphone, yang pada kuartal pertama tahun lalu dipegang oleh Samsung.

Ilustrasi chipset Samsung Exynos

Photo :
  • SamMobile
Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

Dominasi TSMC diprediksi akan berlanjut hingga akhir tahun ini, mengingat chipset 4nm produksi mereka akan digunakan oleh Apple, MediaTek dan Qualcomm.

Sementara itu, lansekap pengiriman chipset smartphone global menunjukkan penurunan sebesar 5 persen jika dibandingkan dengan pengiriman pada kuartal pertama di 2021.

Penurunan ini diperkirakan tidak terlepas dari adany lockdown di China, yang membuat pengiriman mengalami hambatan.

Meskipun begitu, pendapatan pada kuartal kedua tahun ini tetap mengalami peningkatan, dengan 23 persen lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan pada kuartal kedua pada tahun lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya