Ini Keunggulan Chipset A16 untuk iPhone 14 Pro

Apple iPhone.
Sumber :
  • Gsmarena.com

VIVA Tekno – Seri iPhone 14 yang akan segera hadir diprediksi akan terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada seri Pro dan seri reguler. Diantaranya, pertama, model Pro akan mendapatkan chipset Apple A16 terbaru, kamera yang lebih baik, lenyapnya notch pada bagian depan layar, dan pengaturan layar yang berbeda.

Konsisten Inovasi dan Transformasi Digital, Bank Mandiri Raih ISO 56002 Kitemark

Sementara, untuk model reguler akan tetap menggunakan chip A15 yang saat ini disematkan pada iPhone 13 Pro, kamera 12MP, dan masih terdapat notch pada bagian depannya.

Seri iPhone 13 saat ini memiliki GPU 4-core, Pro memiliki GPU 5-core. Selain itu, model reguler memiliki RAM 4GB, sedangkan Pro mendapatkan 6GB yang keduanya menggunakan LPDDR4X, mengutip dari situs Gsmarena, Kamis, 28 Juli 2022.

Masyarakat Belum Mau Beli iPhone Baru

Nantinya, iPhone 14 dan 14 Max diprediksi akan mendapatkan versi GPU 5-core dari chipset A15, ditambah dengan ukuran RAM 6GB LPDDR4X, yang membuatnya akan lebih unggul jika dibandingkan dengan model saat ini.

Tapi pertanyaannya, seberapa cepat iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max dapat bekerja?  Macworld mencoba menjawab pertanyaan ini.  Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa chipset A16 baru akan dibuat pada node N4P TSMC, peningkatan berulang pada node N5P yang digunakan untuk chip A15.

Jadi Sorotan Dunia, Intip Fakta-fakta Rekam Jejak 'Udara' Boeing

Chipset A16 baru diperkirakan akan lebih besar hingga 18-20 miliar transistor, naik dari 15 miliar dan beberapa peningkatan dengan beralih ke ARMv9. ARM berhasil memberikan beberapa keuntungan dengan core Cortex-A715 dan X3, misalnya.

Semua mengatakan, CPU mungkin juga akan mengalami m peningkatan kinerja 15 persen. Apple diperkirakan juga akan mempertahankan konfigurasi inti yang sama, 2 besar, 4 kecil.

Peralihan ke RAM yang lebih cepat diprediksi juga akan meningkatkan kinerja. DigiTimes melaporkan bahwa iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max akan menggunakan tipe LPDDR5 baru, yang menawarkan bandwidth 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan LPDDR4X dan lebih hemat energi untuk boot. Namun, kedua model akan tetap menggunakan kapasitas 6GB.

Sedangkan untuk GPU, diprediksi Apple akan tetap menggunakan 5-core untuk menghindari chip yang terlalu besar atau mungkin naik hingga 6-core yang diharapankan akan terjadi peningkatan kinerja GPU hingga mencapai 25-30 persen.

Apple juga harus meningkatkan ISP dan perangkat keras pembelajaran mesin untuk menangani resolusi yang lebih tinggi. iPhone seri 14 Pro dikabarkan akan dipersenjatai oleh kamera 48MP dan perekaman video 8K yang Ini dapat meningkatkan batas resolusi Mode Sinematik dari 1080p menjadi 4K.

Kemungkinan, chipset A16 terbaru ini akan dipasangkan dengan Snapdragon X65 keluaran Qualcomm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya