Geliat Inovasi Smart TV Jelang Akhir Riwayat Siaran Televisi Analog

Geliat inovasi smart TV jelang Analog Switch Off (ASO) pada November mendatang.
Sumber :
  • scbd

VIVA – Menikmati berbagai tayangan-tayangan menarik audio visual dengan berbasis digital kini seolah telah menjadi kebutuhan sejumlah kalangan masyarakat. Hal tersebut pun kian terasa krusial lantaran bakal bergulirnya secara penuh program TV Digital yang canangkan pemerintah.

Kemkominfo Yakin Seluruh TV Analog Mati Tahun Ini

Dengan bakal dimatikannya siaran televisi analog, kini teknologi perangkat televisi pun semakin modern dan mutakhir dengan segala kemudahan serta kecanggihan yang tertanam di balik layar kaca.

Tren penggunaan televisi pintar (smart TV) pun sudah banyak ditemui di kalangan masyarakat, mengingat deretan kemudahan yang sangat praktis dalam mendapatkan multi akses informasi secara daring dengan tentunya kualitas ketajaman tampilan visual serta audio yang memadai pula.

Harsiarda 2023, Momentum Merdeka Layanan Siaran Televisi Digital di Jawa Barat

Kondisi itu pula yang mendorong berbagai brand telah mengincar terbukanya pasar akan kebutuhan smart TV bagi masyarakat Tanah Air ke depannya.    

Sejumlah brand produk pun kini tengah gencar dalam meluncurkan televisi pintar dengan beragam ukuran. Momen ini bertepatan dengan segera berakhirnya siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) pada November mendatang.

TCL Android TV A9 Siap Memanjakan Mata Konsumen

Minat pasar terhadap televisi digital dapat dikatakan meningkat seiring dengan banyak pertanyaan soal TV digital di media sosial serta masifnya edukasi pemerintah untuk masyarakat melakukan transmigrasi siaran digital.

Dan salah satu brand yang turut ikut meramaikan pasar smart TV adalah TCL Electronics yang telah berkembang pesat di industri TV global. Pada Kamis 28 Juli 2022 TCL telah mengumumkan TV terbaru, seri 98C735 yaitu TV QLED 4K HDR ukuran 98 inch yang memiliki sistem operasi terbaru Google TV.

Sebelumnya TCL mengeluarkan seri TV 4K dengan ukuran paling besar 85 inch dan TV 4K QLED dengan ukuran paling besar 65 inch.

Namun kali ini, TCL mengeluarkan seri tersebut di ukuran terbaru dan terbesar pertamanya TCL di Indonesia yaitu 98 inch dan berbeda dengan TV QLED pendahulunya Q725 yang menggunakan Android TV, kini mengusung Google TV sebagai sistem operasinya

Berbeda dengan TCL seri QLED sebelumnya yang hanya memiliki Dolby Vision,C735 menghadirkan Dolby Vision IQ yang dapat meningkatkan kualitas pada setiap konten eksklusif Dolby. Menampilkan lebih banyak warna, meningkatkan kontras dan meningkatkan tingkat kecerahan.

Ditambah dengan sensor cahaya yang ada pada C735 maka secara otomatis akan mengoptimalkan kualitas tontonan berdasarkan kecerahan ruangan.

Seri keluaran terbaru C735 menggunakan teknologi Quantum Dot Display yang dapat menghasilkan 100% volume warna, lebih dari satu miliar warna, sehingga warna akan tampak alami dan lebih halus.

“TCL 98C735 menjadi TV QLED TCL yang sangat cocok untuk para pecandu game, hal ini karena di seri ini banyak sekali fitur pendukung dalam memaksimalkan bermain game. Terlebih lagi dengan ukurannya yang super besar diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen terhadap hiburan di rumah,” kata Peter Chen, General Manager TCL Indonesia.

“TCL tanpa tanggung-tanggung selain menawarkan TV dengan ukuran yang ukurannya lebih panjang dari tinggi manusia (218 cm), namun bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau,” lanjutnya.

Pada kualitas suara, TCL C735 didukung oleh Dolby Atmos, DTS-HD dan Speaker ONKYO. Dolby Atmos akan menempatkan suara dalam ruang multi-dimensi dan menempatkan penonton di tengah-tengah olahraga, acara TV, film, atau video game favorit kita.

Dengan Dolby Atmos, suaranya sangat realistis, bergerak ke seluruh ruangan dengan kejernihan luar biasa, menampilkan detail audio yang belum pernah terdengar sebelumnya.

Bagi para gamer, TV responsif sama pentingnya dengan TV dengan gambar yang bagus. Dengan HDMI 2.1 dan ALLM (Auto Low Latency Mode), Anda akan mengalami latensi terendah dan pengaturan gambar terbaik untuk bermain game secara otomatis.

Setiap pembelian 98C735 pada periode hingga 31 Agustus 2022 akan mendapatkan GRATIS Vidio Platinum untuk dapat mengakses seluruh tayangan premium di Vidio tanpa batas selama 90 hari. Pengguna dapat menemukan aplikasi Vidio di TCL 98C735 pada homescreen dan cukup menginstalnya sekali untuk bisa menikmatinya.

Mulai tanggal 22 Juli hingga 3 Agustus 2022, TV 98C735 ini akan launching perdana di Electronic City SCBD, Jakarta (exhibition area). Pengunjung bisa mendapatkan harga spesial dan juga promo Webcam, Wireless Keyboard dan Voucher Netflix berlangganan 1 tahun selama periode tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya