Playstation 5 Diklaim Laku Keras, Terjual dalam Hitungan Menit

Sony PlayStation 5 (PS5).
Sumber :
  • CNET

VIVA Tekno – Pada Juni 2022, PlayStation 5 keluaran Sony telah terjual sebanyak 20 juta unit di seluruh dunia dan diklaim penjualan PS5 habis terjual hanya dalam hitungan menit.

Debut Global di Indonesia, Realme 12 Plus 5G Diperkuat Sensor Sony dan SuperOIS

Sejak diluncurkan pada November 2020 lalu, pengecer di Amerika Serikat telah menjual PS5 hampir 1.000 unit per menit. Sebagai perbandingan, unit PS4 di AS terjual enam unit per menit pada tahap yang sama kala itu, mengutip dari situs Androidauthority, Jumat, 5 Agustus 2022.

Selain itu, pasokan yang terbatas juga turut membuat PS5 ini semakin langka di pasaran. Di sisi lain, pendahulunya yakni PS4, masih tersedia secara bebas dalam persediaan yang melimpah.

Samsung Galaxy S24 dan Vivo Y100 5G Tampil ke Publik, Ponsel lipat Sony Masih Malu-malu

Saat ini, PS5 terjual lebih banyak dari PS4 di tahun pertama perilisannya. Namun, dua hambatan terbesar untuk mendapatkan lebih banyak PS5 yang diproduksi adalah pandemi COVID-19, yang menyebabkan kekurangan staf dan penutupan pabrik, dan dampak Rusia pada logistik yang juga turut memperlambat inventaris suku cadang.

Kabar baiknya adalah bahwa PS5 diharapkan dapat menutup kesenjangan dengan penjualan PS4 untuk tahun ketiganya.

Kemenkeu Lelang PS 5 hingga Jam Tangan Mewah Eks Gratifikasi

Saat ini, Sony tengah mencari beberapa pemasok yang lebih besar dalam kondisi pasar yang tidak stabil dan bekerja untuk menegosiasikan kemitraan logistik baru untuk mempertahankan rute pengiriman untuk konsol mereka.

Dalam hal pendapatan, PS5 telah menjadi suatu kesuksesan besar bagi Sony, melampaui US$2 miliar (Rp29,8 triliun) dalam penjualan bersih pada 2020.

Memang, biaya konsol PS5 lebih mahal daripada PS4, tetapi pergeseran digital yang signifikan juga telah terjadi yang membuat lebih banyak orang tinggal di rumah selama pandemi, sehingga lebih banyak pemain membeli game langsung dari toko PlayStation online ketimbang dalam bentuk CD dari toko tradisional.

Selanjutnya, jika dibandingkan dengan Xbox, maka PS5 seperti halnya para pendahulunya, Sony lagi-lagi telah berhasil mengungguli Microsoft.

Lebih dalam, angka penjualan seumur hidup. PlayStation 5 saat ini sebesar 21,61 juta, sedangkan Xbox Series X/S hanya memiliki penjualan seumur hidup sebesar 15,98 juta.

Namun, perlu diingat, konsol penjualan nomor satu bukanlah PS5 atau Xbox Series X. Melainkan, Nintendo Switch, yang telah terjual 110,71 juta unit sejauh ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya