Apple Geser Produksi iPhone 14 ke India

Antrean pembeli Apple iPhone 12 di Beijing, China.
Sumber :
  • Thesun

VIVA Tekno – Mitra utama Apple, Foxconn, memiliki lini produksi iPhone di beberapa tempat lain di dunia di luar China, seperti Brasil dan India dan tampaknya Apple akan memulai produksi iPhone 14 secara bersamaan di India dan China.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Laporan tersebut berasal dari analis Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo, yang mengungkapkan bahwa setidaknya satu dari model iPhone 14 akan diproduksi di India pada waktu yang bersamaan dengan berjalannya produksi di China. Adapun, jika kabar ini benar, maka ini akan menjadi pertama kalinya produksi iPhone generasi baru akan dimulai di negara lain bersamaan dengan China, mengutip dari situs 9to5mac, Minggu, 7 Agustus 2022.

Seperti yang dicatat oleh Kuo, dalam situasi normal, produksi iPhone baru di luar China biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk memulai. Misalnya, Foxconn mulai merakit iPhone 13 di India pada April tahun ini, sementara produksi di Brasil dimulai beberapa minggu kemudian.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Tentu saja, produksi iPhone di negara lain tidak ditujukan untuk memenuhi permintaan global tetapi untuk melayani pasar lokal. Menurut Kuo, kapasitas produksi iPhone 14 di India tidak akan cukup untuk mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh tantangan produksi di China dalam jangka pendek, tetapi ini masih cukup penting bagi Apple dalam hal memperluas produksi iPhone ke negara lain.

Ia juga menekankan bahwa keputusan Apple untuk mempercepat produksi iPhone 14 di India adalah karena dampak geopolitik pada rantai pasokan perusahaan yang tengah menerpa China beberapa waktu ke belakang ini.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Seperti dilaporkan sebelumnya hari ini, Apple telah memperingatkan pemasoknya tentang kemungkinan balas dendam yang akan dilancarkan oleh pemerintah China terhadap Amerika Serikat setelah kunjungan kontroversial Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Disana, Pelosi mengadakan pertemuan dengan beberapa pemasok Apple seperti pembuat chip TSMC dan perakit Taiwan Pegatron. Sejak itu, ada laporan bahwa China telah memblokir pengiriman dari perusahaan-perusahaan ini.

Pada saat yang sama, produksi jajaran iPhone 14 juga tengah menghadapi penundaan karena kekurangan komponen dan beberapa masalah kualitas kecil. Dengan meningkatkan produksi iPhone di India dan juga di Brasil, Apple mungkin dapat secara perlahan mengurangi ketergantungannya pada China, meskipun hal ini akan cukup sulit dicapai.

Namun, terlepas dari semua kemunduran ini, Kuo masih percaya bahwa Apple akan mengumumkan iPhone baru pada bulan depan. Selain itu, juga dikabarkan bahwa perusahaan akan memperkenalkan Apple Watch generasi berikutnya dengan model Pro untuk pertama kalinya dan iPad entry-level yang didesain ulang dengan port USB-C dan 5G.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya