iPhone 14 Pro Max Vs iPhone 13 Pro Max, Mana yang akan Menarik?

Bocoran iPhone 14 Pro.
Bocoran iPhone 14 Pro.
Sumber :
  • macrumors.com

VIVA Tekno – Peluncuran iPhone 14 kurang dari sebulan lagi, dengan asumsi, bocoran yang sempat beredar beberapa waktu lalu tentang program pengungkapan yang akan dilaksanakan lebih awal adalah benar.

Video dan gambar unit dummy iPhone 14 Pro Max yang diunggah oleh pengguna Twitter @lipilipsi dan tangkapan layar dari seorang leaker Majin Bu yang memvisualisasikan seperti apa produk akhir nantinya dengan membandingkan desain iPhone 14 Pro Max dengan iPhone 13 Pro Max.

Meskipun secara sekilas keduanya memiliki desain umum yang sama. Akan tetapi, terdapat dua perubahan signifikan yang telah dibuat oleh Apple, mengutip dari situs Phone Arena, Rabu, 10 Agustus 2022.

Pertama, iPhone 14 Pro Max untuk kebutuhan fitur Face ID dan kamera depan mengandalkan punch-hole sebagai ganti dari notch yang menyerupai bentuk poni dengan tonjolan kamera yang lebih tebal.

Perihal kamera, iPhone 14 Pro dan Pro Max berkemungkinan besar akan menukar sensor utama 12MP dengan kamera 48MP dan modul baru yang diklaim bisa 57 persen lebih besar dari unit yang digantikan.

Berdasarkan bocoran skema sebelumnya, tonjolan kamera akan bertambah tebal dari 3,60 mm menjadi 4,17 mm, dan ukuran tonjolan tersebut juga dapat membesar hampir 5 persen di setiap arah dari kamera, yang akan menghasilkan peningkatan sekitar 1,72 mm dan tingginya mengalami peningkatan sekitar 1,97 mm. Selain itu, sensor baru juga akan memungkinkan hasil foto yang lebih cerah dan lebih detail dan juga akan memungkinkan perekaman video berkulitas 8K.

Rumor lainnya juga mengatakan, mungkin ponsel itu sendiri juga sedikit lebih tebal dan lebih lebar dari model sebelumnya. Dimana, iPhone 14 Pro Max akan memiliki lebar 78,78 mm, sedangkan iPhone 13 Pro Max memiliki lebar 78,1 mm. Dengan ketebalan 7,85 mm.

Rumor lain yang tidak kalah menarik adalah kabar yang mengatakan bahwasanya, iPhone 14 Pro dan Pro Max diduga akan ditenagai oleh chip Bionic A16 fabrikasi 5nm terbaru keluaran Apple.

Sedangkan, untuk iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Plus/Max mungkin akan tetap menggunakan A15 Bionic yang saat ini digunakan pada seri iPhone 13 dan model standard ini juga kemungkinan akan tetap mempertahankan kamera utama 12MP serta notch untuk keperluan Face ID dan kamera depan pada bagian ponsel.

Adapun, untuk varian warna diperkirakan iPhone 14 model reguler akan tersedia dalam balutan warna Hijau, Ungu, Biru, Hitam, Putih, dan Merah. Sementara, iPhone 14 model Pro akan tersedia dalam warna Hijau, Ungu, Perak, Emas, dan Grafit.

Sebelumnya diyakini bahwa lini iPhone 14 akan diperkenalkan pada 13 September mendatang, tetapi sekarang juga bermunculan kabar yang di mana kelihatannya Apple akan mengumumkannya pada 6 September dan mulai dijual pada 16 September 2022.