iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max Dapat Pujian

Fitur always-on di iPhone 14 Pro Max.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno – Skor pengujian Antutu pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Postingan tersebut mencatat bahwa unit yang diuji di sini merupakan versi maksimal dengan penyimpanan 1TB dan RAM 6GB, mengutip dari situs Phone Arena, Jumat, 16 September 2022.

iPhone 14 Pro mendapatkan skor total 978,147 dan iPhone 14 Pro Max sekitar 972,936, yang artinya hampir meningkat sekitar 18.8 persen dibandingkan iPhone 13 seri Pro.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Dari segi performa CPU, iPhone 14 seri Pro ini mengalami peningkatan hampir sekitar 17 persen.

Sedangkan untuk kinerja GPU telah meningkat sebesar 28 persen, dan postingan tersebut mengklaim bahwa ini adalah lompatan kinerja GPU terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Intinya adalah Apple tampaknya memprioritaskan GPU sekarang, mungkin karena CPU sudah cukup cepat dan dua generasi terakhir iPhone Pro telah mendapat banyak pembaruan yang berfokus pada grafis seperti layar 120Hz dan perangkat keras dan fitur kamera baru.

Hal ini pun tidak terlepas dari chipset A16 Bionic yang disematkan pada iPhone ini. Dengan fabrikasi 4nm dibandingkan dengan pendahulunya, A15 Bionic dengan fabrikasi 5nm.

Sebagai informasi tambahan, kedua handset yang diluncurkan pada 7 September 2022 ini mengusung layar Super Retina XDR OLED yang dilindungi ceramic shield.

Seperti rumor yang beredar, notch pada bagian depan layar iPhone 14 seri Pro pun lenyap dan digantikan dengan punch hole yang diberi nama Dynamic Island. Apple mengklaim, penggunaannya ini membuat layar menjadi lebih luas hingga 30 persen.

Perihal kamera, Apple masih mempertahankan konfigurasi tiga kamera pada bagian belakang dengan komposisi kamera utama 48MP quad pixel sensor yang 65 persen lebih besar dibanding iPhone 13 Pro.

Lalu, kamera ultra wide 12MP dan lensa 2x telephoto 12MP. iPhone 14 seri Pro ini tersedia dalam empat varian warna Space Black, Silver, Gold, dan Deep Purple.

Seluruh handset iPhone 14 tersebut dapat mulai di pre-order pada 9 September dan tersedia pada 16 September 2022. Adapun, untuk iPhone 14 Pro dibanderol seharga US$999 (Rp14,8 juta) sedangkan untuk iPhone 14 Pro Max seharga US$1099 (Rp16,3 juta).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya