Ini 'Senjata Rahasia' iPhone 14 Bisa Pakai Satelit

Fitur always-on di iPhone 14 Pro Max.
Sumber :
  • The Verge

VIVA Tekno – Model iPhone 14 diketahui menggunakan chip modem Qualcomm yang dapat menangkap sinyal satelit dan memiliki komponen Apple tambahan yang dirancang khusus untuk digunakan dalam fitur baru pada ponsel tersebut, menurut analisis ponsel oleh iFixit dan pernyataan Apple.

'Pemimpin Rambut Putih' Sowan ke Jokowi di Istana Negara Pagi Ini

Apple belum lama ini merilis jajaran iPhone 14, seperti dikutip dari situs Euronews, Minggu, 18 September 2022, di mana salah satu fitur baru utama yaitu kemampuan terhubung ke satelit sehingga dapat digunakan untuk mengirim pesan darurat ketika tidak ada koneksi WiFi atau data seluler.

Sebelumnya, pada awal bulan ini, Apple mengatakan bahwa model iPhone 14 dibekali perangkat keras baru yang memungkinkan layanan pesan darurat, yang rencananya akan diaktifkan oleh Apple dengan pembaruan perangkat lunak pada November 2022.

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Apple tidak memberikan rincian tentang perangkat keras khusus satelit ini. Pada Jumat, 15 September pekan lalu, iFixit membongkar model iPhone 14 Pro Max dan mendapatkan chip modem Qualcomm X65 di dalamnya.

iFixit merupakan perusahaan yang melakukan pembongkaran produk elektronik untuk menilai seberapa mudah produk dapat diperbaiki.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

Chip Qualcomm menyediakan konektivitas 5G untuk jaringan seluler tetapi juga mampu menggunakan apa yang disebut pita n53, pita frekuensi yang digunakan oleh satelit dari Globalstar.

Globalstar pada awal bulan ini mengumumkan kesepakatan di mana Apple akan mengambil hingga 85 persen dari kapasitas jaringan satelit Globalstar untuk mengaktifkan fitur pesan darurat baru Apple.

Dalam sebuah pernyataan resminya, Apple mengatakan terdapat perangkat keras dan perangkat lunak tambahan di iPhone 14 untuk fitur perpesanan baru. Sementara pihak Qualcomm tidak segera menanggapi permintaan komentar atas isu ini.

"iPhone 14 menyertakan komponen frekuensi radio khusus, dan perangkat lunak baru yang dirancang sepenuhnya oleh Apple, yang bersama-sama mengaktifkan SOS Darurat melalui satelit pada model iPhone 14 baru," ungkap Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya