Penjualan Tablet Masih Jauh dari Ekspektasi

Ilustrasi iPad 10.
Sumber :
  • 9to5mac.com

VIVA Tekno – Sempat digadang-gadang sebagai pengganti laptop, ternyata angka penjualan tablet masih jauh dari ekspektasi.

PO Bus Rosalia Indah Pernah Viral dan Kena Rujak Netizen karena Kasus Ini

Saat ini, penjualan tablet tengah menurun, khususnya di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang tidak menentu ini, mengutip dari situs Phone Arena, Senin, 19 September 2022.

Hal ini diungkapkan oleh laporan terbaru dari firma riset Canalyst menunjukkan, tren penurunan tersebut ternyata terus berlanjut.

Debut Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia

Laporan tersebut menunjukkan, pengiriman tablet global tersungkur selama 4 kuartal berturut-turut, dengan angka penurunan mencapai 11 persen secara tahunan.

Secara mayoritas, tablet saat ini banyak digunakan untuk keperluan pendidikan, khususnya kegiatan belajar mengajar online yang turut mendongkrak penjualannya.

Indonesia Peringkat 6 sebagai Negara yang Dibuntuti

Secara lebih rinci, pangsa pasar tablet masih dikuasainoleh Apple yang berhasil meraup hampir 35 persen pangsa pasar. Kendati demikian, raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino ini juga harus mengalami penurunan pengiriman sekitar 15 persen.

Menyusul pada posisi kedua, Samsung yang berhasil menguasai 20 persen pangsa pasar dan mengalami penurunan sekitar 13 persen. Sedangkan Lenovo turut bergabung sebagai produsen yang berhasil menguasai pangsa pasar secara dua digit (10,1 persen).

Sebagai informasi tambahan, angka penjualan laptop dan chromebook juga terjebak dalam situasi yang serupa.

Adapun, laporan tersebut memperkirakan tren negatif ini diciptakan karena meningkatnya inflasi global, lockdown di China, dan penurunan belanja pendidikan secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya