iPhone Nanti Bukan Lagi 'Made in China'

Apple Store di New York, Amerika Serikat (AS).
Sumber :
  • BGR

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple dikabarkan akan menggeser 25 persen produksi iPhone ke India dari China pada 2025.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Hal ini diungkapkan oleh laporan terbaru dari J.P. Morgan yang mengklaim, Apple akan memindahkan sekitar 25 persen produksi iPhone ke India, yang dimana saat ini hanya sekitar 5 persen saja.

Tidak hanya iPhone, bahkan laporan tersebut juga mengklaim bahwa sekitar 25 persen seluruh produk Apple seperti, iPad, Apple Watch, AirPods, dan Mac tidak akan lagi diproduksi di China dalam tiga tahun lagi, mengutip dari situs GSM Arena, Kamis, 22 September 2022.

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Sebelumnya, produk Apple biasanya diproduksi di China, tetapi kondisi pandemi yang tidak menentu beberapa waktu lalu membuat mereka terpaksa harus mendiversifikasi produksi mereka.

Adapun, pada awalnya Apple juga telah memproduksi iPhone di India sejak tahun 2017, yang dimana dimulai pada produksi iPhone SE yang secara khusus dipasarkan di pasar lokal saja yang kala itu, iPhone SE dirakit oleh perusahaan Wistron.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

Sedangkan Foxconn, diperkirakan akan memulai perakitan iPhone 14 di India dalam beberapa minggu mendatang.

“Vendor Taiwan seperti Hon Hai dan Pegatron memainkan peran kunci dalam relokasi ke India. Dalam jangka menengah hingga panjang, kami juga mengharapkan Apple untuk memenuhi syarat pemasok manufaktur lokal India,” klaim analis JPMorgan yang dipimpin oleh Gokul Hariharan.

Seakan tidak ingin kehilangan momentum, perusahaan lokal India, Tata Group dikabarkan tengah dalam pembicaraan dengan Wistron untuk melakukan joint venture dalam merakit iPhone.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya