Pengguna Android Bisa Miliki Dynamic Island seperti iPhone 14

Aplikasi dynamicSpot di Android.
Aplikasi dynamicSpot di Android.
Sumber :
  • Android Authority

VIVA Tekno – Sejak Apple meluncurkan model iPhone 14 Pro dengan Dynamic Island untuk menyembunyikan takik kamera depan, pengembang tengah sibuk untuk mencoba meniru fitur tersebut di ponsel Android.

Pengembang MIUI sebelumnya telah berhasil membuat ponsel Xiaomi Dynamic Island berfungsi. Realme juga bertanya kepada pengguna apakah mereka menginginkan fitur tersebut.

Tetapi jika kalian tidak sabar untuk mencoba Dynamic Island di perangkat Android, sekarang Anda bisa mencobanya berkat aplikasi bernama dynamicSpot yang dikembangkan Jawomo (h/t XDA Developers).

Alat multitasking itu akan memungkinkan pengguna mengakses pemberitahuan terbaru atau perubahan status ponsel melalui pulau terapung di bagian atas layar.

dynamicSpot akan mengelilingi kamera depan ponsel Android secara default. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat mengubah posisi bilah mengambang sesuai keinginan penggunanya.

Ini mungkin berguna bagi mereka yang memiliki ponsel lebih besar. Mengutip dari situs Android Authority, Jumat, 23 September 2022, dynamicSpot diuji pada perangkat Samsung Galaxy S20 Ultra dan hasilnya berfungsi sebagaimana mestinya.

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan Pro Max

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan Pro Max

Photo :
  • The Verge

Meski animasinya tidak semulus yang ditawarkan Apple, tetapi itu mempunyai banyak opsi penyesuaian yang memungkinkan user memilih jenis notifikasi yang dapat dilihat, mengubah ukuran pulau, dan menampilkan dua notifikasi pop-up ketika mereka masuk.

Ada opsi pro seharga US$4,99 atau Rp75 ribu yang akan membuka lebih banyak fungsi dan fitur, seperti opsi untuk melihat dynamicSpot di layar kunci.

Tapi perlu diketahui bahwa aplikasi ini akan mempunyai kontrol aksesibilitas penuh pada perangkat. Artinya, aplikasi dapat mengakses dan mengontrol semua yang ada di layar ponsel.

Platform juga dapat melacak interaksi Anda dengan aplikasi atau sensor perangkat keras dan berinteraksi dengan aplikasi atas nama pengguna.

Pengembang menyatakan bahwa mereka tidak mengumpulkan data pengguna dan tidak membagikan informasi dengan pihak ketiga mana pun.