Pengiriman PC Global Dilaporkan Anjlok

Ilustrasi orang sedang menggunakan laptop.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Pengiriman PC (Personal Computer) global dilaporkan tengah anjlok, diperkirakan pada kuartal ketiga tahun 2022 ini, penjualan PC anjlok sekitar 15 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Laporan IDC menunjukkan pengiriman pada kuartal ketiga itu sebanyak 74,3 juta unit dibandingkan dengan jumlah 87,3 juta pada kuartal ketiga tahun 2021. Kendati merosot tetapi kuartal ketiga 2022 tetap meningkat jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2022, dilansir dari situs Gizmochina, Selasa, 11 Oktober 2022.

IDC menyampaikan, penurunan pengiriman inin bertalian dengan pengurangan pada sisi rantai pasok dan permintaan yang tidak merata. Namun, volume pengiriman dikatakan jauh di atas tingkat pra-pandemi ketika sebagian besar didorong oleh penyegaran komersial karena berakhirnya dukungan untuk Windows 7.

Apple Bagi-bagi Undangan

Lebih dalam, Lenovo memimpin pada kuartal ketiga 2022 tersebut dengan tingkat pengiriman sebanyak 16,8 juta dan menguasai sekitar 22,7 persen pangsa pasar.

Menyusul pada posisi kedua HP dengan tingkat pengiriman sebanyak 12,7 juta pengiriman dengan 17,1 persen pangsa pasar. Sedangkan, Dell bertengger pada posisi ketiga dengan 11,9 juta tingkat pengiriman dan 16,1 persen pangsa pasar global.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Raksasa teknologi Cupertino, Apple mengunci pada posisi keempat dengan 10 juta pengiriman dan 13,5 persen pangsa pasar yang dimana, perusahaan itu melonjak jauh jika dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2022. Kala itu, Apple hanya mencatatkan pengiriman sebanyak 4,8 juta.

Sementara ASUS pada posisi kelima dengan 5,5 juta pengiriman dan 7,5 persen pangsa pasar, dan Acer terpaksa terdepak dari posisi keempat pada kuartal kedua tahun 2022 kemarin.

Selain Apple, seluruh produsen tersebut menampilkan tren yang negatif dari sisi pengiriman Year on Year (YoY). Lenovo anjlok sekitar 16,1 persen, HP anjlok hingga 27,8 persen, Dell sebesar 21,2 persen, sementara ASUS mencatatkan anjlok seputar 7,8 persen. Sementara Apple melesat jauh hingga 40,2 persen secara YoY.

Laptop

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya