Soal Modem 5G, Apple Tetap Pilih Qualcomm

Qualcomm Snapdragon X65 5G Modem-RF system.
Sumber :
  • SlashGear

VIVA Tekno – Apple dikabarkan akan menggunakan modem 5G keluaran Snapdragon pada seri iPhone 15 atau 16 mereka kedepannya. Sebelum pada akhirnya mereka mampu memproduksi modem buatan mereka sendiri.

iPhone 16 May Apply New Design for Its Buttons

Laporan ini diungkapkan oleh analis kenamaan Apple, Jeff Pu yang menyampaikan, nantinya iPhone 15 dan iPhone 16 akan disematkan modem X70 dan X75 Snapdragon.

Ia menjelaskan, keputusan ini bertalian dengan diundurnya modem produksi mereka sendiri yang kemungkinan baru tersedia setelah tahun 2025 mendatang, mengutip dari situs Gizmochina, Jumat, 14 Oktober 2022.

iPhone 16 akan Punya Tombol Misterius

Adapun, Snapdragon X70 sendiri diumumkan pada Februari 2022 lalu, dan mendukung kemampuan kecepatan mengunduh hingga 10Gbps dengan tingkat efisiensi energi hingga 60 persen lebih baik.

X70 juga menawarkan peningkatan kemampuan AI, peningkatan kecepatan rata-rata, jangkauan, kualitas sinyal, dan pengurangan latensi. X70 akan digunakan di seri iPhone 15 tahun depan sedangkan X75 akan hadir di jajaran iPhone 16 2024.  Snapdragon X75 akan dibangun di atas proses 4nm TSMC dan akan menawarkan peningkatan di atas pendahulunya.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Saat ini, Qualcomm menjadi pemasok eksklusif modem 5G untuk iPhone. Proyeksi awal rilis 2023 modem Apple 5G mungkin telah direvisi ke atas. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino itu telah menghabiskan lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun untuk pembelian divisi modem Intel dan Apple memilih untuk irit bicara perihal kemajuannya dalam mengembangkan modem 5G-nya.

Sebagai informasi tambahan, seri iPhone 14 saat ini menggunakan modem Snapdragon X65 5G yang juga merupakan keluaran dari Qualcomm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya