MediaTek Rilis Chipset 5G Baru, Peningkatan di Segala Sisi

MediaTek Dimensity 1080.
Sumber :
  • MediaTek

VIVA Tekno – Chipset Dimensity 1080 jadi keluarga terbaru yang diumumkan dari seri MediaTek Dimensity yang popular untuk smartphone 5G. Ini menawarkan peningkatan performa serta fitur kamera yang telah ditingkatkan secara signifikan dibandingkan pendahulunya, Dimensity 920.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

"Melanjutkan komitmen MediaTek dalam mengoptimalkan daya dan kinerja, Dimensity 1080 menawarkan rangkaian fitur canggih yang menantang terkait apa yang bisa dilakukan oleh smartphone 5G," ujar Deputy General Manager of Wireless Communications Business Unit MediaTek CH Chen di Jakarta, Rabu, 12 Oktober 2022.

Chipset dirancang untuk lebih meningkatkan berbagai fungsi yang membuat pendahulunya hebat, termasuk meningkatkan kekuatan pemrosesan, kualitas kamera dan video, serta waktu pemasaran bagi produsen.

Acer Predator Helios Neo 16, Laptop untuk Pekerjaan Berat

Dimensity 1080 memiliki mesin octa-core CPU yang telah ditingkatkan dengan dua inti Arm Cortex-A78 CPU yang beroperasi hingga 2,6 GHz, dikombinasikan dengan Arm Mali-G68 GPU sehingga menghasilkan kinerja yang lebih cepat, baik saat pengguna bermain game, streaming,  atau menjelajah. 

Desain chipset dengan fabrikasi 6nm ini memberikan sejumlah keuntungan terkait penghematan daya yang menghasilkan masa baterai yang lebih lama.

Samsung Galaxy A05s Tampil Beda

Chipset Mediatek

Photo :
  • Android Authority

Dengan dukungan kamera utama beresolusi 200MP dan image signal processor (ISP) dari MediaTek, Dimensity 1080 mengemas semua fitur kamera yang dibutuhkan pengguna untuk menghasilkan foto dan video berkualitas unggul. 

Selain itu, chip ini juga mengintegrasikan mesin perekaman video HDR yang ditingkatkan untuk memproses video dengan resolusi 4K, menawarkan hasil pengambilan gambar generasi streamer berkualitas prima di semua kondisi pencahayaan. 

Untuk gamer, mereka meningkatan HyperEngine 3.0 untuk kinerja cepat dan konektivitas tanpa batas ditambah dengan unit pemrosesan AI terintegrasi 3.0 (APU 3.0) untuk efisiensi daya yang optimal. 

Selain itu, Dimensity 1080 mendukung jaringan sub-6GHz 5G dan konektivitas Wi-Fi 6. Smartphone yang ditenagai oleh Dimensity 1080 akan tersedia di pasaran pada kuartal terakhir di tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya