Penjualan Komputer Jinjing Naik 43%

Perbedaan ukuran notebook dengan netbook
Sumber :
  • wdr.de

VIVAnews - Menurut hasil riset lembaga penelitian Gartner, pada kuartal pertama tahun ini, penjualan komputer jinjing (mobile PC) secara global naik 43 persen. Pencapaian ini sekaligus mencatat tingkat tertinggi dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Adapun produk yang dimasukkan Gartner ke dalam kategori komputer jinjing adalah laptop, netbook, dan tablet PC, seperti dilansir dari laman Information Week, Rabu 26 Mei 2010.

Tercatat penjualan komputer jinjing meningkat 43 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 49,4 juta unit. Jika dipaparkan per tahun dari kuartal I 2009 sampai kuartal I 2010 diperkirakan penjualannya mencapai US$36 miliar atau setara Rp336,4 triliun.

"Konsumen terus menjadi penggerak utama pasar. Penjualan terus meningkat. Kami memproyeksi adanya pertumbuhan yang jauh lebih tinggi menjelang akhir tahun hingga 2011," papar Gartner. "Hal ini didorong inisiatif perusahaan-perusahaan yang mulai mengubah proses produksi ke arah komputer jinjing untuk menggantikan PC lama," tambahnya.

Dilaporkan pula, harga jual rata-rata komputer jinjing, meliputi laptop, netbook, dan tablet PC, turun menjadi US$732 atau Rp6,8 juta pada kuartal yang sama. Angka ini turun 15,7 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. Selama setahun lalu, netbook menjadi produk "terpanas", karena daya beli pasar yang tinggi sangat dipengaruhi oleh krisis finansial global.

"Menurunnya harga laptop biasa mempengaruhi harga rata-rata komputer jinjing. Dampaknya, tingkat penjualan melambung selama setahun terakhir," tulis Gartner dalam laporannya.

Hewlett-Packard masih menjadi produsen PC terbesar di dunia, dengan 19,2 persen pangsa pasar. Namun, HP bersama Dell di tempat ketiga, dan Toshiba di peringkat ke empat, mencatat tingkat pertumbuhan penjualan di bawah rata-rata industri, yakni masing-masing 23,2 persen, 33,1 persen, dan 34,7 persen.

Lonjakan penjualan komputer jinjing secara global hingga 43 persen justru terbantu oleh dua produsen besar lainnya. Asus di posisi ke lima mencatat penjualan terkuat dengan pertumbuhan 113 persen, dan Acer sekitar 48,4 persen. (kd)

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid
PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024