Nyawa Manusia Tertolong Berkat Fitur SOS Darurat di iPhone 14

Fitur SOS Darurat melalui komunikasi satelit iPhone 14.
Sumber :
  • Mac Rumors

VIVA Tekno – Fitur Komunikasi Satelit atau Fitur SOS Darurat yang tersemat di iPhone 14 milik Apple rupanya telah berhasil membantu pengguna mereka yang terjebak salju di Alaska, Amerika Serikat (AS).

Apple Bagi-bagi Undangan

Pengguna tersebut yang tidak disebutkan namanya, secara resmi menjadi pengguna Fitur SOS Darurat di perangkat iPhone 14 pertama dan membantunya mendapatkan pertolongan dari pihak yang berwenang.

Dilansir dari situs GSM Arena, Minggu, 4 Desember 2022, Fitur SOS Apple yang diaktifkan pengguna tersebut membantunya terlacak sedang berada di area bernama Nimiuk Point yang ada di Alaska.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Departemen Keamanan Publik Alaska bahkan sampai mengeluarkan laporan pengiriman, yang mengklarifikasi adanya mobil yang terjebak di tengah salju.

Ia berhasil mendapatkan penyelamatan dari Pasukan Negara Bagian Alaska pada 1 Desember 2022 pukul 02.00 pagi waktu setempat mengaktifkan Fitur SOS Darurat di iPhone 14 miliknya.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Laporan tersebut mengklarifikasi bahwa Pusat Tanggap Darurat Apple menjangkau departemen Pencarian dan Penyelamatan Wilayah Arktik Barat Laut dengan koordinat GPS yang tepat dari pria yang terdampar itu.

Sebuah tim yang terdiri dari empat sukarelawan kemudian dikirim dan melacaknya. Fitur SOS Darurat saat ini baru tersedia di AS dan Kanada. Rencananya Apple akan memperluas layanannya itu untuk negara Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris di akhir bulan ini.

Sebelumnya, Samsung dilaporkan akan meniru fitur yang pertama kali ada untuk iPhone 14, yakni Fitur SOS Darurat untuk ponsel yang akan datang, seri Samsung Galaxy S23 yang dilaporkan rilis di awal tahun depan.

Di Apple, fitur tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Globalstar. Samsung tampak mengikuti jejak serupa, dengan pihak ketiga yang berbeda.

Dilaporkan perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini menggaet Iridium untuk bisa menghadirkan fitur komunikasi satelit pada seri Samsung Galaxy S23. Iridium adalah konstelasi satelit orbit Bumi Rendah yang menyediakan layanan suara dan data.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya