Perilisan Produk Baru Apple Tertunda gara-gara Ini

Logo Apple.
Sumber :
  • Market Exclusive

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Apple dikabarkan akan merilis produk Augmented Reality (AR) pada Januari 2023. Namun, rencana tersebut kemungkinan besar tertunda hingga ke paruh kedua tahun depan, seperti yang dilansir dari The Independent.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Augmented Reality merupakan teknologi yang memperoleh penggabungan secara real-time terhadap konten digital yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata.

Singkatnya, teknologi ini memungkinkan orang melihat objek maya 2D atau 3D diproyeksikan di dunia nyata. Seorang analis Ming-chi Kuo membeberkan bahwa penundaan peluncuran perangkat tersebut disebabkan adanya masalah terkait perangkat lunak.

Apple Bagi-bagi Undangan

Perusahaan masih diharapkan untuk memulai produksi pada paruh pertama tahun depan. Sementara pengiriman produk dimulai pada paruh kedua.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Teknologi augmented reality (AR).

Photo :
  • Republic Lab

Tak hanya soal jadwal perilisan yang mundur, pada 2023, Apple dilaporkan menjual lebih sedikit perangkat mereka daripada yang diperkirakan. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu mungkin hanya menjual 500.000 perangkat.

Apple telah lama diberitakan meluncurkan versi pertama headset virtual dan AR yang ditujukan untuk para pengembang sehingga memungkinkan mereka untuk menggarap pengembangan aplikasi dan peralatannya.

Rencananya Apple juga akan merilis versi teknologi yang lebih terjangkau dan tidak terlalu besar.

Maka dari itu, Apple diperkirakan mengungkapkan perangkat baru ini di Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan setiap Juni setiap tahunnya.

Sebelumnya, di acara tersebut Apple membeberkan ingin berfokus membuat perangkat dan teknologi untuk para profesional dan pengembang. 

Apple memang dikabarkan sedang mengerjakan perangkat keras AR versi sendiri selama bertahun-tahun. Dalam beberapa bulan terakhir bagian perangkat kerasnya telah rampung dan ditunjukkan kepada petinggi Apple.

Tim Cook selaku Kepala Eksekutif Apple pertama kali menyatakan minatnya dengan AR pada tahun 2016 silam ketika ia mengatakan bahwa teknologi tersebut bisa sangat diminati. Cook berjanji Apple akan melakukan investasi dalam teknologi AR.

Dari informasi yang tersebar Apple bakal mengeluarkan tiga headset AR salah satunya yakni kacamata dilengkapi dengan dua layar 4K-OLED serta mikroprosesor Apple, konektivitas Wi-Fi, pelacak mata dan objek, juga kontrol genggam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya