Uni Eropa Tetapkan USB Type-C Jadi Charger Umum

Logo Apple.
Sumber :
  • GSM Arena

VIVA Tekno – Uni Eropa (UE) meresmikan USB Type-C sebagai produk untuk charger atau pengisian daya umum untuk perangkat elektronik dan mulai berlaku mulai 28 Desember 2024.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Hal itu diumumkan secara resmi lewat Twitter dalam akun @EURLex ang mengumumkan adanya jurnal khusus terkait pengisi daya umum untuk perangkat elektronik.

Mengutip situs GSM Arena, Jumat, 9 Desember 2022, adapun produk-produk yang telah ditentukan untuk memiliki pengisi daya umum berupa Type-C pada 28 Desember 2024 untuk kawasan Uni Eropa yaitu ponsel pintar (smartphone), tablet, kamera, headphone, dan earbud.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Ada juga headset, konsol video game genggam, speaker portabel, e-reader, keyboard, mouse, hingga sistem navigasi portabel.

Jika ternyata pengisian daya atau charger lebih tinggi dari 15W, maka diperlukan juga untuk memasukkan pengisian daya USB.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

Kehadiran ketentuan itu jelas akan mempengaruhi Apple, karena saat ini tipe pengisi dayanya bukanlah USB Type C.

Meski begitu mungkin saja Apple bisa mengubah sistem pengisian dayanya menjadi nirkabel mengingat aturan untuk pengisian daya USB Type C berlaku untuk pengisian daya menggunakan kabel.

Hal itu bahkan sudah diperbincangkan dan menjadi rumor di kalangan pecinta teknologi sejak aturan dari UE itu masih berupa ide saja.

Kembali pada aturan yang dikeluarkan Uni Eropa, ketentuan itu mulai 28 April 2026 akan juga mencakup penggunaan USB Type-C juga berlaku untuk laptop.

Agar bisa sejalan dengan peraturan kawasan, negara-negara anggota Uni Eropa diharapkan mulai mengadopsi dan menerbitkan regulasi yang sejalan paling lambat 28 Desember 2023.

Hal itu diharapkan agar tidak terjadi tumpang tindih ketika aturan ini sepenuhnya diterapkan dalam beberapa waktu mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya