Syarat Mutlak Ponsel untuk Main Game, Pakai Layar AMOLED

Main PUBG di Poco C40.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Laporan mengungkap bahwa Indonesia menjadi negara dengan penggunaan ponsel terlama. Menurut riset Data.ai, sepanjang 2021 masyarakat rata-rata menghabiskan 5,4 jam per hari di depan layar smartphone

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Angka ini naik cukup tajam ketimbang dua tahun sebelumnya, yakni 3,9 jam per hari pada 2019 dan di 2020 dengan rata-rata 5 jam sehari. Ini berhubungan dengan pengguna yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan yang pada akhirnya meningkatkan kebutuhan layar yang berkualitas.

Salah satu waktu yang dihabiskan pengguna ponsel adalah untuk bermain game. Poco sebagai merek lifestyle trendsetter technology memfasilitasi kebutuhan penggunanya dengan memberikan layar berkualitas.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

"Poco memenuhi kebutuhan pengguna dalam memberikan layar ponsel yang berkualitas untuk menampilkan gambar yang lebih nyaman bagi mata, dengan memanfaatkan panel AMOLED," ujar Head of Marketing Poco Indonesia, Andi Renreng dalam keterangannya, Rabu, 1 Februari 2023.

Ia menambahkan bahwa masyarakat menginginkan layar jenis tersebut, terlebih untuk user yang hobi main game berjam-jam di mana layar AMOLED bisa tetap digunakan di mana saja meski dalam keadaan cahaya yang sangat terang.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Adapun manfaat lain yang bisa didapatkan dari layar jenis ini adalah irit energi. Setiap dioda di balik piksel layar AMOLED memendarkan cahaya, sehingga tidak membutuhkan lampu latar warna yang perlu daya tambahan dari sumber energinya.

Streaming YouTube dari Poco C40

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Ditambah warna hitam diketahui tidak mengonsumsi daya karena sebenarnya itu adalah piksel yang tidak aktif. Prinsipnya, warna yang makin gelap akan semakin sedikit juga konsumsi dayanya. Penghematannya bisa 30 sampai 40 persen.

Kedua, layar AMOLED punya warna yang lebih pekat dipadu dengan kontras rasio yang tinggi. Tidak akan ada perubahan warna yang mencolok dan kecerahannya tetap pas walau dilihat dari sudut yang ekstrem.
 
Panel ini pada umumnya punya lapisan plastik organik dengan ketipisan 100 sampai 500 nanometer, kira-kira 200 kali lebih tipis dari sehelai rambut manusia. Sehingga memungkinkan lebih banyak cahaya yang menembusnya untuk menghasilkan pendaran yang lebih terang.

Selain memungkinkan produsen menciptakan ponsel yang lebih tipis serta ringan, AMOLED juga membuka jalan inovasi bagi lahirnya layar melengkung bahkan layar lipat.

Panel juga mempunyai lapisan pelindung di bagian luar layar. Tapi ketahanan layar AMOLED dari goresan belum selevel Gorilla Glass. Jadi meski tidak mudah tergores, pengguna masih boleh menggunakan screen protector tambahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya