Seluruh Gadget Asus Sudah Berstandar Militer AS

Lini seri laptop gaming Asus.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Asus berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar laptop selama 10 tahun berturut-turut. Tidak sekedar memimpin, perusahaan mengklaim berhasil menguasai pasar laptop Indonesia.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

"Pangsa pasar Asus mencapai lebih dari 40 persen pada kuartal keempat 2022," ujar Commercial BDM of Asus Indonesia, Yulianto Hasan di Kuta, Bali, Rabu malam, 22 Februari 2023.

Menilik ke belakang, perusahaan asal Taiwan ini masuk ke pasar laptop Tanah Air pada 2008 dengan pangsa pasar hanya 1,5 persen.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Tapi mereka berhasil menanjak naik menjadi 5 persen pada 2009, 10 persen di tahun 2010 dan 15 persen satu  tahun kemudian berkat konsistensi pada inovasi dan fokus dalam memberikan layanan terbaik.

Pada tahun 2012, IDC mengukuhkan market share perusahaan tembus 16 persen dengan 598.109 unit notebook dan netbook, nomor dua di Indonesia.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Setahun kemudian, pangsa pasar mereka meningkat drastis dan hanya memiliki jarak dua persen terhadap merek yang saat itu menduduki posisi puncak.

Standar militer di laptop Asus.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Asus berhasil menjadi pemimpin pasar laptop Indonesia dengan pangsa pasar 35,1 persen. Pada enam bulan pertama di tahun 2013, perusahaan juga berhasil menorehkan prestasi dengan total penjualan mencapai 578.506 unit laptop di Indonesia.

Sejak itu pangsa pasar terus meningkat dan selama satu dekade berhasil menjadi pemimpin pasar laptop di Indonesia. Dalam satu dekade terakhir, Asus menyebut telah menjadi merek laptop yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia.

Hingga kuartal ke 4 di tahun lalu, mereka mencatat penguasaan pasar sebesar 41,7 persen berdasarkan data aktivasi perangkat dari Microsoft.

"Selain mempertahankan gelar sebagai pemimpin pasar laptop consumer dan gaming, Asus juga akan terus mengakselerasi pertumbuhan dan penguasaan pasar perangkat commercial di Indonesia.

Melalui produk unggulan seperti lini ExpertBook dan ExpertCenter, kami siap untuk menguasai pasar perangkat komputasi commercial di Indonesia," jelas Yulianto.

Tidak hanya bertenaga, lini seri tersebut juga digadang-gadang inovatif dan membantu meningkatkan produktivitas bisnis. Seluruh gadget juga dibekali desain tahan banting dan telah mengantongi sertifikasi lolos hingga 32 uji ketahanan berstandar militer AS serta lebih dari 100 uji ketahanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya