Sensasi Internetan Pakai Orbit MiFi N2

Modem Orbit MiFi N2.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Tren penetrasi internet di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2018 misalnya, di mana penetrasi internet mencapai 64,8 persen atau 171,18 juta pengguna.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kemudian, levelnya naik menjadi 73,7 persen atau 196,71 juta pengguna pada 2019-2020. Kini, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII menyebutkan pengguna internet di Indonesia telah mencapai 215,63 juta orang pada periode 2022-2023.

Jumlah ini meningkat 2,67 persen dibandingkan periode sebelumnya yang sebanyak 210,03 juta pengguna. Angka 215,63 juta orang tersebut setara dengan 78,19 persen dari total populasi Indonesia sebesar 275,77 juta jiwa.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Bila dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet tahun ini mengalami peningkatan sebesar 1,17 persen dibandingkan pada 2021-2022 yang sebesar 77,02 persen.

Seperti diketahui, internet telah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Baik hanya untuk sekadar mencari hiburan semata melepas penat setelah beraktivitas sampai kebutuhan bekerja atau sekolah. Oleh karena itu, kualitas jaringan internet harus memadai untuk kelancaran segala hal yang dilakukan dari gawai (gadget).

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Aplikasi MyOrbit.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Kali ini, VIVA Tekno melakukan review singkat perangkat Orbit MiFi N2. Sekadar informasi, Orbit adalah modem keluaran Telkomsel berbentuk kecil, tidak terlalu tebal, ringan, dan mudah digenggam.

Sedangkan MiFi adalah singkatan dari 'Mobile WiFi', yang merupakan perangkat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi koneksi internet melalui jaringan nirkabel. Di sisi tengahnya terdapat layar LED untuk memberikan informasi sinyal jaringan dan baterai.

Selain itu, modem ini mempunyai tombol power dan WPS, serta sudah didukung oleh jaringan Wi-Fi 2,4 GHz dan teknologi 2x2 MIMO LTE. Untuk koneksi internet menggunakan jaringan 4G LTE Telkomsel, sedangkan kecepatan yang ditawarkan Orbit MiFi N2 ini mencapai 15 Mbps dan diklaim bisa digunakan hingga 10 perangkat.

Menariknya lagi. Modem ini juga mendukung metode ByPass, yaitu perangkat bisa digunakan dalam waktu yang tidak terhingga dengan menyambungkannya ke listrik dan melepas baterai dari perangkat.

Modem Orbit MiFi N2.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Orbit MiFi N2 dibekali kapasitas baterai 2.050mAh yang bisa diisi ulang lewat port microUSB. Saat diuji, baterai modem terisi penuh hanya ngecas sekitar satu jam. Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya?

Unduh aplikasi MyOrbit di perangkat smartphone. Pengguna lalu akan diminta melakukan aktivitasi dengan memasukkan nomor ponsel, bukan nomor Orbit. Setelah itu pengguna akan diminta mengisi nomor KTP dan Kartu Keluarga. Prosesnya cukup mudah dan aplikasi akan menampilkan nama wifi dan kata sandi.

Di aplikasi MyOrbit, pengguna juga bisa melihat total paket data, poin Telkomsel, hingga statistik penggunaan. Ada juga informasi mengenai promo yang ditawarkan. Selama pengujian jaringan, VIVA Tekno tidak menemukan kendala. Baik dalam jarak dekat, beda ruangan, maupun saat berbeda lantai.

Modem Orbit MiFi N2 ditawarkan dengan harga Rp650 ribu dengan garansi resmi 12 bulan. Pelanggan juga berhak mendapatkan bonus paket data internet Orbit sebesar 15GB selama 2 bulan setelah aktivasi.

Harga paket kuota internet mulai dari Rp15 ribu (2GB masa aktif 3 hari), Rp30 ribu (2,5GB masa aktif 7 hari), Rp100 ribu (18GB masa aktif 30 hari), Rp200 ribu (50GB masa aktif 30 hari) dan Rp400 ribu (120GB masa aktif 30 hari).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya