Komponen PC Rakitan yang Perlu Kalian Ketahui

Komputer desktop.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – PC rakitan belakangan sering menjadi pembicaraan banyak orang, khususnya jika kalian terjun dalam dunia game atau editor video pasti sering membicarakan hal tersebut. Baik digunakan sebagai alat memainkan game, maupun mengedit file video berat durasi panjang.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Personal Computer atau biasa disingkat menjadi PC sendiri merupakan sebuah perangkat komputer yang sering digunakan oleh banyak orang, umumnya perangkat ini digunakan sebagai alat untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan kantoran maupun perhitungan lainnya.

Namun seiring berkembangnya zaman perangkat komputer tidak hanya digunakan sebatas untuk mengetik atau menghitung beberapa angka rumit saja, melainkan sudah digunakan untuk melakukan berbagai hal berbeda. Salah satunya adalah bermain game dan edit video.

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

Karena banyaknya pengguna yang menggunakan perangkat tersebut untuk bermain game, produsen mulai merilis perangkat komputer yang dikhususkan untuk bermain game. Namun karena harganya cukup tinggi, membuat banyak pengguna memutuskan membuat PC rakitan.

PC jenis ini sendiri cukup berbeda dengan perangkat yang dibuat oleh produsen, karena kalian harus merakitnya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Walau terkesan ribet dan merepotkan, namun total biaya yang dibutuhkan dapat lebih murah beberapa kali lipat.

WhatsApp Web dan HP Android Punya 'Ikatan Batin'

Komponen PC Rakitan yang Perlu Diketahui
Jika ingin merakit komputer sesuai dengan kebutuhan sangat penting dalam memperhatikan beberapa komponennya terlebih dahulu, karena kalian diharuskan merakit setiap komponen tersebut satu persatu. Sehingga didapatkan komputer yang memiliki kualitas sesuai harapan.

Setiap komponen juga memiliki fungsinya sendiri, sehingga jika ingin membuatnya perlu memahami fungsi setiap komponennya. Jangan sampai salah dalam memasang juga karena dapat mempengaruhi kinerja komponen lain, hal ini dapat berdampak pada kerusakan.

Terlebih jika kalian asal membeli beberapa komponen tanpa memperhatikannya terlebih dahulu dapat membuat kinerja komputer melambat, karena setiap komponen yang akan digunakan untuk merakitnya memiliki sifat dan cara pemasangannya sendiri dan berbeda.

Selain itu faktor biaya juga penting diperhatikan jika kalian ingin membuat PC rakitan karena budget setiap orang berbeda-beda, kalian harus bisa menentukan berapa banyak budget yang dibutuhkan namun tetap mampu merakit komputer dengan kualitas terbaik sesuai standar.

Jangan hanya tergoda dengan biaya murah saja, namun perhatikan komponen dengan kualitas terbaik namun tidak memberatkan budget kalian. Sehingga kalian dapat memainkan game atau mengedit video dengan kinerja terbaik, tanpa perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak. Berikut komponen PC yang harus diketahui.

1. Processor
Komponen pertama yang perlu diperhatikan sebelum membuat PC rakitan adalah processor, dimana untuk merakit processor dibutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena processor memiliki fungsi cukup penting demi lancarnya program komputer saat bekerja.

Processor sendiri sering disebut sebagai komponen utama dalam dunia komputer, karena memiliki peran layaknya otak dalam kegiatan merakit komputer. Sehingga jika kalian memiliki kemampuan guna menentukan processor terbaik, komputer akan memiliki kapasitas terbaik.

Fungsi utama dari komputer ini sendiri sebenarnya cukup sederhana, yaitu mengelola serta mengatur perintah yang masuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk output. Sehingga jika ingin membuat PC rakitan, kalian tidak perlu menganggap remeh dalam bagian processor itu.

Karena memiliki fungsi cukup penting dalam pengelolaan data serta pembuatan perintah pada perangkat, maka memang sudah sewajarnya processor memiliki harga lumayan mahal. Oleh sebab itu kalian perlu memilih processor terbaik, namun dengan harga yang sesuai budget.

Umumnya beberapa merek processor yang sering digunakan di Indonesia adalah intel dan AMD namun juga terdapat IBM, namun jarang digunakan di Indonesia. Untuk membuat PC yang dirakit sangat disarankan memilih processor kualitas terbaik, namun tetap perhatikan budget.

2. Motherboard
Motherboard dalam bahasa Indonesia dapat ditranslasi atau diterjemahkan sebagai papan ibu, dimana papan ini memiliki fungsi cukup penting dalam proses pengolahan data serta pemberian perintah di dalam komputer. Sehingga kalian perlu memperhatikan motherboard.

Motherboard sendiri didefinisikan sebagai sebuah papan sirkuit penting di dalam komputer, dimana di dalamnya terdapat beberapa soket dan slot yang memiliki fungsi sebagai pusat terhubungnya beberapa hardware komputer. Sehingga penting jika ingin membuat PC rakitan.

Beberapa perangkat keras atau hardware yang wajib dipasangkan pada motherboard diantaranya terdiri dari CPU, RAM, video card, serta hard drive. Jika salah satu dari beberapa perangkat tersebut tidak terpasang, akan menyebabkan komputer tidak berjalan sempurna.

Jika komputer kalian tidak berjalan secara sempurna tentunya akan menghambat berbagai pekerjaan maupun permainan saat sedang digunakan, oleh sebab itu pemilihan motherboard sangat penting dalam proses perakitan PC rakitan. Tentunya kalian tidak boleh asal membeli.

Komponen utama dari perangkat ini umumnya terdiri dari chipset, socket CPU, north bridge, south bridge, super I/O Chip, BIOS, CMOS, DIMM, RAM, Slot PCI, serta slot SATA. Jadi pastikan motherboard yang akan dipasang memiliki berbagai komponen tersebut supaya sempurna.

3. VGA
Saat ingin merakit PC rakitan terdapat komponen lain yang perlu kalian perhatikan, salah satu dari komponen tersebut adalah VGA. VGA sendiri merupakan singkatan dari Video Graphic Adapter, merupakan kartu tampilan video grafis yang biasanya terpasang di motherboard.

Penggunaan kartu ini sendiri memiliki fungsi sebagai penghasil utama atau untuk memproses gambar output menuju monitor, sehingga dapat dikatakan VGA berperan menghubungkan motherboard menuju monitor. Sehingga gambar yang diproses dapat ditampilkan sempurna.

Biasanya jika komputer dengan spesifikasi rendah sudah memiliki grafis yang terintegrasi dengan CPU di dalam motherboard, namun jika PC kalian dilengkapi dengan VGA akan mampu menghasilkan peningkatan signifikan. Dimana gambar 3D dapat dibuat secara akurat.

Berdasar jenis slotnya sendiri terdapat beberapa jenis VGA yang umum digunakan pada saat ini yaitu adalah AGP type, PCI type, serta PCI express. Pemilihan jenis VGA ini cukup penting, karena dengan menggunakan jenis yang tepat dapat mempermudah permasalahan grafik.

Terlebih jika kalian ingin merakit PC rakitan untuk bermain game, maka perlu memilih VGA terbaik sehingga grafik saat bermain game menjadi lancar. Bahkan dengan VGA yang tepat, akan menghasilkan kualitas grafik menyerupai nyata yang bahkan bisa memanjakan mata.

4. RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory, tergolong sebagai salah satu hal paling berpengaruh dalam lancarnya proses perangkat komputer. Walau tidak semua orang menyarankan ukuran RAM sebagai patokan kelancaran, namun tetap penting diperhatikan.

Penggunaan RAM sangat penting jika kalian ingin merakit sebuah PC rakitan, karena setiap program yang akan kalian gunakan pasti menggunakan RAM guna menempatkan data secara sementara. Sehingga sangat mempengaruhi proses pembukaan sebuah aplikasi di komputer.

Fungsi utama dari RAM adalah sebagai alat guna mempercepat pemrosesan data di dalam sebuah perangkat, baik perangkat komputer maupun ponsel sekalipun pada saat ini sudah menggunakan RAM. Sehingga tidak heran jika produsen berlomba memasang RAM besar.

Semakin besar ukuran RAM yang akan diletakkan di dalam PC kalian, akan membuat komputer dapat mengakses banyak aplikasi berat sekaligus. Karena komputer mampu untuk menyediakan memori dalam jumlah besar, sehingga banyak aplikasi dapat meminjamnya.

Jangan asal menggunakan RAM dengan harga murah jika ingin memasukkannya ke komputer rakitan milik kalian, karena jika asal menggunakan RAM dapat menyebabkan kinerja komputer menurun. Hal tersebut dikarenakan beberapa komponen di dalam RAM tersebut abal-abal.

5. Penyimpanan
Hal terakhir yang perlu kalian perhatikan jika ingin merakit sebuah PC rakitan adalah memori untuk penyimpanan, karena pada saat ini umumnya terdapat dua jenis disk penyimpanan yang sering digunakan di dalam komputer. Yaitu adalah SSD serta HDD dengan kelebihan berbeda.

HDD sendiri merupakan singkatan dari Hard Disk Drive, dimana HDD adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan beberapa file penting di dalam komputer. Fungsi utamanya adalah berperan sebagai tempat penyimpanan, sehingga semua data akan disimpan disini.

Semakin besar kapasitas dari HDD milik kalian, maka semakin banyak data yang dapat kalian gunakan saat sedang menggunakan PC rakitan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memilih HDD dengan ukuran lebih besar, selain itu harganya juga lebih murah dibanding SSD.

SSD sendiri merupakan singkatan dari Solid State Drive, merupakan alat penyimpanan data yang sering digunakan di dalam perangkat komputer seperti HDD. Namun terdapat beberapa perbedaan yang mencolok, selain harganya yang lebih mahal dibandingkan HDD biasa.

SSD sendiri memiliki harga lebih mahal karena kualitas perpindahan atau transfer datanya lebih cepat dibandingkan HDD, sehingga perangkat komputer yang menggunakan SSD daripada HDD memiliki kecepatan kinerja lebih kencang.

Ketika kalian memiliki budget terbatas namun ingin menggunakan perangkat komputer terbaik saat bermain game atau editing, tidak ada salahnya untuk merakitnya sendiri. Namun perlu memperhatikan beberapa komponen sebelum mulai merakit PC rakitan sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya