iPhone Tidak Lagi Populer

Apple tambah varian warna kuning untuk iPhone 14.
Sumber :
  • iBox

VIVA Tekno – Apple telah mempertahankan popularitas iPhone selama bertahun-tahun dan masih menjadi favorit penggemar. Tapi sepertinya iPhone 14 tidak sepopuler yang diharapkan, bahkan menerima peringkat bintang 5 terendah yang pernah ada, menjadikannya penurunan terbesar dalam satu dekade.

Terpopuler: Harga iPhone di iBox Naik, Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Ini jelas bukan survei dari Apple, tetapi studi yang dilakukan oleh PerfectRec dengan lebih dari 669.000 ulasan iPhone yang dibuat pengguna, mengutip dari situs 91 Mobiles, Kamis, 11 Mei 2023.

Orang-orang di PerfectRec menganalisis ulasan iPhone buatan pengguna selama 13 tahun, dimulai dengan iPhone 4 yang diluncurkan kembali pada tahun 2010, dan terus berlanjut hingga iPhone 14 terbaru. Peringkat tersebut juga menyertakan model dasar dari semua iPhone.

Apple Luncurkan iPad Pro Pakai Chipset M4, Segini Harganya

Grafik menunjukkan bahwa ada peningkatan bertahap dalam peringkat bintang 5, kecuali iPhone 5 yang mengalami sedikit penurunan. Sedangkan iPhone 6 hingga iPhone 13 terus meningkat. Untuk iPhone 13 menerima 80 persen peringkat bintang 5, tetapi iPhone 14 turun menjadi 72 persen.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah
Harga iPhone di iBox Naik Gila-gilaan

Bukan hanya iPhone 14 dasar yang mendapat ulasan buruk, tetapi juga berimbas pada model Pro yang menyebabkan jeda grafik. iPhone 13 Pro memiliki 84 persen peringkat bintang 5 sedangkan iPhone 14 Pro mendapat 76 persen. Demikian pula iPhone 13 Pro Max yang mendapat 86 persen peringkat bintang 5 dan iPhone 14 Pro Max mendapat 80 persen.

Menurut PerfectRec, peningkatan bertahap dalam peringkat bintang 5 untuk iPhone mungkin disebabkan oleh fakta bahwa perangkat ini menjadi lebih baik di setiap generasi. Selain itu, faktor lain yang dipertimbangkan adalah bagaimana konsumen memberikan ulasan yang baik dari waktu ke waktu.

Adapun penurunan peringkat untuk iPhone 14, PerfectRec menyebut itu karena Apple tidak menawarkan perubahan besar dalam hal fitur, desain, dan perangkat keras.

Selain itu, keputusan untuk menggunakan kembali chip yang lebih lama (Bionic A15) pada model andalan, tidak membawa kecepatan refresh yang lebih tinggi dan tidak adanya Dynamic Island pada iPhone 14 menyebabkan pengguna menurunkan peringkat iPhone 14. Perubahan ini hanya eksklusif untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang mencetak peringkat bintang 5 lebih tinggi dari saudara kandungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya