Cara Cek HP Legal atau Enggak Lewat Nomor IMEI

Ilustrasi smartphone atau ponsel pintar.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – IMEI menjadi momok yang sangat penting untuk sebuah ponsel. IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah kode yang ada di masing-masing ponsel.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

IMEI merupakan sebuah kode yang ada di masing-masing ponsel. Kode ini terdiri dari 14 sampai 16 digit angka dan semuanya bersifat unik.

Masing-masing ponsel memiliki kode IMEI yang berbeda-beda. Nomor identitas ponsel ini juga diketahui harus terdaftar secara resmi agar bisa digunakan di Indonesia. Jika nomor tersebut dimasukkan ke dalam sebuah sistem pengecekan, maka akan muncul berbagai informasi seputar ponsel.

Vokasi Industri Kemenperin Buka Pendaftaran Sampai 31 Mei

Nomor IMEI ini juga menjadi pengenal keaslian dari sebuah perangkat.seputar ponsel. Jadi, bagi kalian yang membeli ponsel second, wajib hukumnya untuk memeriksa nomor IMEI.

Jika tidak terdaftar maka perangkat tersebut hanya bisa dimanfaatkan jika tersambung dengan Wifi. Ceritanya akan berbeda untuk kartu SIM di mana perangkat ilegal tidak akan bisa dijual.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Wajib hukumnya untuk memeriksa nomor IMEI. Jika tidak terdaftar maka perangkat tersebut hanya bisa dimanfaatkan jika tersambung dengan Wifi. Ceritanya akan berbeda untuk kartu SIM di mana perangkat ilegal tidak akan bisa membacanya.

Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Rabu, 17 Mei 2023, pengecekan IMEI legal bisa dilakukan menggunakan website Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di alamat https://imei.kemenperin.go.id/.

Namun, sebelumnya untuk terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI perangkat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

Ilustrasi pasar ponsel.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Ponsel Android

1. Setting Ponsel

Buka Setting
Gulir ke bawah hingga menemukan About Phone, di sana kita akan mendapati nomor IMEI

2. *#06#

Buka menu dial kemudian masukkan *#06#. Nanti kita akan disajikan susunan nomor IMEI dari perangkat. 

3. Box

Pemilik juga bisa menemukan nomor IMEI di box atau kardus ponsel. Di sana akan tercantum IMEI beserta informasi spesifikasi lainnya.

Ponsel iPhone

1. Setting Ponsel

Buka Setting di iPhone
Pilih About Phone
Gulir ke bawah hingga menemukan nomor IMEI

2. Dengan *#06#

Buka menu dial dilanjutkan dengan mengetik *#06#. Nantinya nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Setelah mengetahui nomor IMEI, bisa dilanjutkan ke situs Kemenperin untuk mengetahui apakah smartphone sudah terdaftar sah di Indonesia. 

Pertama untuk mencatat nomor IMEI ponsel

Buka situs https://imei.kemenperin.go.id dan tempelkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia

Lakukan pengecekan untuk melihat apakah IMEI ponsel sudah terdaftar atau belum di sistem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya