Begini 'Isi Dapur' Laptop Paling Tipis dan Ringan di Dunia

Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Asus baru saja merilis laptop paling tipis dan ringan di dunia, Zenbook S 13 OLED (UX5304). Laptop OLED 13,3 inchi ini disebut memiliki bobot hanya 1 kg dan ketebalan 1 cm berkat penggunaan teknik manufaktur canggih dan material yang ringan namun kuat.

Acer Swift Go 14 AI, Mudik Praktis dengan Si Tipis

"Zenbook S 13 OLED (UX5304) menggabungkan portabilitas luar biasa dan konektivitas lengkap dalam desain yang tipis dan ringan, sambil menawarkan performa komputasi yang kuat dan pengalaman visual yang tak tertandingi," kata Country Marketing Manager Asus Indonesia Davina Larissa di Jakarta, Selasa, 30 Mei 2023.

Di sisi performa, perangkat jinjing tersebut menawarkan pengalaman komputasi yang powerful dan efisien menggunakan prosesor 13th Gen Intel Core i7-1355U bersertifikasi Intel Evo platform yang dipadukan dengan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB serta betarai sebesar 63 Whrs.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Hal ini juga mengadopsi Asus Lumina OLED dengan resolusi 2,8K. Perusahaan asal Taiwan ini juga menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan dengan proses pembuatan yang ramah lingkungan, penggunaan bahan daur ulang, dan efisiensi energi yang sangat tinggi.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Asus umumkan laptop tertipis dan teringan di dunia, Zenbook S 13 OLED (UX5304).

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Laptop OLED 13,3 inchi itu dirancang menggunakan teknik dan material yang inovatif, agar terlihat lebih ringkas dan ringan dibandingkan generasi sebelumnya.

Tim engineering Asus juga berhasil menanamkan kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil tetapi tetap dilengkapi dengan fitur lengkap, langsung ke dalam bagian layar yang diproses dengan teknik CNC. Panel OLED juga menjadi lebih ramping, sehingga bagian layar 30 persen lebih tipis.

Untuk meminimalkan bobot, paduan material magnesium-aluminium digunakan pada bagian keyboard deck yang diproses dengan teknik CNC, sehingga menciptakan struktur yang kokoh tanpa memerlukan bagian penyangga tambahan.

Penutup kaca yang sangat tipis juga digunakan pada touchpad, sehingga menghasilkan penurunan ketebalan sebesar 25 persen pada bagian keyboard deck.

Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304).

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dilengkapi dengan sejumlah port I/O, terdiri dari dua port USB-C Thunderbolt 4 untuk mendukung pengisian daya yang cepat, port USB 3.2 Gen 2 Type-A, port HDMI 2.1, dan jack audio kombinasi 3.5mm.

Pada sistem audio hadir sertifikasi Harman Kardon, teknologi Dolby Atmos, Smart Amp, dan Asus Audio Booster yang mampu menyajikan pengalaman audio berkualitas tinggi bagi para penggunanya.

Touchpad Asus ErgoSense pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) punya ukuran yang 9,5 persen lebih besar. Performa powerful diperoleh dari penggunaan prosesor Intel Core i7-1355U generasi ke-13 dengan konfigurasi 10 core dan 12 thread, yang dapat dipacu hingga 5GHz.

Zenbook S 13 OLED (UX5304) memiliki keunikan tersendiri dengan dilengkapi bodi berbahan plasma-ceramic aluminium. Laptop dibalut dengan warna Basalt Gray yang dibanderol dengan harga Rp24 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya