Info Terbaru iPhone 15 yang Siap Tampil di September 2023

Render iPhone 15 series.
Sumber :
  • Macotakara

VIVA Tekno – Gambaran dari lini seri iPhone 15 mulai bermunculan. Meskipun belum ada informasi resmi, cukup banyak detail yang muncul untuk memberi kita gambaran seperti apa iPhone berikutnya dan apa yang akan berubah dari model iPhone 14 yang saat ini dijual.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Seperti pembaruan tahun lalu, perangkat iPhone 15 Pro kemungkinan akan melihat perubahan yang lebih substansial, di mana perangkat berpotensi mendapatkan peningkatan besar pada pengaturan kameranya.

Tetapi model iPhone 15 standar dan iPhone 15 Plus diharapkan mendapatkan beberapa peningkatannya sendiri yang patut diperhatikan karena mengadopsi beberapa fitur yang memulai debutnya pada model iPhone 14 Pro.

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Tanggal peluncuran

Apple Bagi-bagi Undangan

CEO Apple Tim Cook.

Photo :
  • cafef

Apple bisa saja mundur dari waktu yang telah ditentukan, biasanya ketika ada gangguan pada rantai pasokan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk meluncurkan model tertentu ke pasar.

Bahkan, tahun lalu, iPhone 14 Plus tiba lebih lambat dari model iPhone 14 lainnya. Sampai saat ini, belum ada kabar soal kendala produksi dari perangkat teranyar ini sehingga diharapkan peluncuran terjadi tepat pada waktunya, menurut laman Tom's Guide, Rabu, 31 Mei 2023.

Jika Apple tetap pada jadwal rilis tradisionalnya, pratinjau produk di bulan September menjadi waktu yang paling mungkin.

Mengenai acara Apple di bulan itu, tebakan terbaik untuk tanggal rilis iPhone 15 adalah sekitar 12 September, mengingat kecenderungan Apple untuk merilis produk baru pada hari Selasa dan keinginannya untuk tidak mengadakan acara peluncuran terlalu dekat dengan libur Hari Buruh di Amerika Serikat (AS).

Harga

Apple iPhone 14 Pro.

Photo :
  • Phonearena.com

Setelah menahan harga untuk model iPhone 14 –setidaknya di AS– Apple mungkin akan menaikkann harga untuk setidaknya beberapa model iPhone 15 tahun ini. Satu laporan mengklaim biaya pembuatan iPhone naik 12 persen, sehingga Apple mungkin akan membebankan biaya tersebut kepada konsumen.

Smartphone yang rilis tahun ini untuk model dasarnya tampaknya akan mempertahankan label harga US$799 (Rp11 juta) yang sama dengan pendahulunya, setidaknya menurut rumor saat ini. Itu berarti model Plus akan dibanderol mulai dari US$899 (Rp13 juta). 

Model Pro diperkirakan akan mengalami peningkatan biaya karena Apple menyertakan lebih banyak peningkatan pada model tersebut. Analis Jeff Pu mengantisipasi kenaikan harga US$100 (Rp1,4 juta) untuk iPhone 15 Pro.

Itu akan membuat iPhone 15 Pro seharga US$1.099 (Rp16 juta) dan iPhone 15 Pro Max seharga $1.199 (Rp18 juta) —sesuai dengan Samsung untuk Galaxy S23 Ultra dan kemungkinan Galaxy S24 Ultra tahun depan. 

Desain

Seri iPhone 14.

Photo :
  • The Verge

Diharapkan model iPhone 14 akan kembali diterapkan untuk iPhone 15, yang artinya iPhone standar memiliki layar 6,1 inci dan model iPhone 15 Plus 6,7 inci. Model Pro dan Pro Max diharapkan tersedia dalam ukuran yang sama. 

Rumor menyebut iPhone 15 Ultra sedang dalam pengerjaan, tetapi sepertinya sebagian besar fitur kelas atas yang dilaporkan untuk model ini akan disertakan dalam iPhone 15 Pro Max sebagai gantinya. Kita mungkin tidak melihat iPhone Ultra hingga 2024.

Setelah tiga tahun membuat ponsel dengan pinggiran lurus, Apple bisa saja kembali ke sisi melengkung. Desas-desus tentang bezel yang lebih tipis juga terdengar, meskipun perubahan itu mungkin terbatas pada iPhone 15 Pro.

Rumor juga menyebutkan iPhone 15 Pro dapat mengadopsi bingkai titanium yang lebih ringan dan lebih tahan lama daripada aluminium yang digunakan Apple saat ini.

Perubahan desain potensial lainnya untuk model iPhone 15 adalah penambahan tombol aksi yang mirip dengan fitur yang disertakan pada Apple Watch Ultra. Tombol tindakan iPhone 15 Pro dapat digunakan untuk memicu pintasan khusus, menyalakan senter ponsel, atau melakukan tugas serupa lainnya.

Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Photo :
  • The Verge

Salah satu elemen desain yang saat ini terbatas pada ponsel Pro yang mungkin ditemukan di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus adalah Dynamic Island. Strip ini menggantikan takik pada layar iPhone 14 Pro.

Selain menampung kamera depan dan sensor Face ID, itu juga tempat munculnya notifikasi dan Aktivitas Langsung. Beberapa pengamat Apple berharap setiap model iPhone 15 menampilkan Dynamic Island, menghilangkan takik untuk selamanya.

Tambahan lain yang dikabarkan untuk setiap model iPhone 15 menyangkut USB-C. Apple tampaknya siap untuk menukar konektor Lightning dengan USB-C yang lebih universal, didorong oleh regulator di Eropa. 

Namun jenis iPhone dapat menentukan kecepatan pengisian daya, karena analis Ming-Chi Kuo yakin model iPhone 15 Pro akan menawarkan kecepatan lebih cepat melalui port USB-C mereka.

Layar

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Salah satu batasan besar dalam membeli iPhone 14 atau iPhone 14 Plus adalah kecepatan refresh yang tetap macet di titik 60Hz. Dengan flagship level awal lainnya yang menampilkan panel 90Hz (dalam kasus Google Pixel 7) atau bahkan 120Hz (Galaxy S23), menempatkan flagships level awal Apple pada posisi yang tidak menguntungkan.

Itu tampaknya berlanjut ke iPhone 15. iPhone standar diatur untuk tetap pada 60Hz, sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max masih menawarkan layar dinamis 120Hz yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan refreshnya.

Apple menyebut fitur ini sebagai Pro Display, dan pakar layar, Ross Young mengira bahwa Pro Display tidak akan ditanamkan ke jajaran iPhone lainnya sebelum 2025.

Kamera

iPhone 15 dilaporkan hadir tanpa notch, takik atau poni.

Photo :
  • 9to5Mac

Upgrade terbesar untuk iPhone standar, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diperkirakan akan mendapatkan kamera utama 48MP, menyamakannya dengan iPhone Pro. 

Tidak jelas apakah Apple akan menyertakan mode Raw 48MP seperti iPhone 14 Pro sebagai cara untuk menjaga perbedaan antara iPhone 15 dan model Pro yang lebih mahal.

Berbicara tentang iPhone 15 Pro, analis telah menepis rumor bahwa Apple akan beralih ke lensa 8 elemen alih-alih memperkirakan ponsel baru akan tetap menggunakan lensa 7 elemen. 

Kemampuan zoom adalah salah satu area di mana handset Apple tertinggal dari ponsel kamera terbaik. Galaxy S23 Ultra misalnya, menawarkan sepasang lensa telefoto dengan zoom optik 3x dan 10x serta mendukung zoom digital hingga 100x. 

iPhone 14 Pro Max memiliki lensa telefoto 3x dan dapat mendukung zoom digital hingga 15x. Lensa gaya periskop, yang menumpuk lensa di atas satu sama lain diduga akan memberi iPhone 15 Pro Max zoom optik 6x.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya