Kelebihan Penggunaan Mixer Audio Digital

Ilustrasi podcast.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Mixer audio merupakan alat elektronik yang digunakan untuk menggabungkan dan mencampur audio. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk memadukan dan menyesuaikan sinyal audio guna menciptakan bentangan suara yang unik dan menarik.

Desta Mengakui Kesepian Pasca Bercerai dengan Natasha Rizky

Ini terbagi menjadi dua, yakni dialog dan digital. Perbedaan utama antara keduanya adalah cara masing-masing merekam dan memproses sinyal audio.

Semua audio dimulai dalam format analog karena direkam dengan mikrofon, tetapi rekaman dapat disimpan sebagai analog atau digital.

Kisah Perjuangan Vikyo, Dari Warnet Hingga sebagai Influencer

Rekaman analog memiliki bandwidth tidak terbatas karena mewakili getaran suara fisik, sedangkan sinyal digital dibatasi pada bandwidth tetap.

Tapi mixer digital memungkinkan user mentransfer file audio dengan mudah ke platform digital lainnya dan menyimpan pengaturan level.

Nikita Mirzani Semakin Yakin Tak Akui Lolly Sebagai Anaknya, Karena Hal ini

Salah satu manfaat terbesar dari versi digital adalah banyaknya variasi efek yang menyertainya. Plug-in gratis yang disertakan dengan DAW menjadi jauh lebih baik dalam 10 hingga 15 tahun terakhir.

PT Yamaha Musik Indonesia Distributor memperkenalkan model mixer digital terbarunya, DM3 Series ke dalam jajaran produk professional audio. DM3 merupakan digital mixer yang sangat ringkas namun fleksibel untuk berbagai aplikasi dan kebutuhan.

Seri DM3 series menawarkan kualitas suara dengan sample rate hingga 96 kHz, pengaturan serta pengoperasian yang cepat dan mudah, fitur tingkat profesional untuk kebutuhan live sound, streaming, rekaman live atau produksi musik dan rekaman di rumah. 

Ini terdiri dari dua model, DM3 Standard dan DM3. Selain fitur Dante, kedua model memiliki fitur yang identik, input sebanyak 16 mono, 1 stereo input, 2 FX Return, ditambah 6 buah Mix Send dan 2 FX Send, 1 Stereo Out dan 2 Matrix Output.

Peluncuran DM3 Standard dan DM3

Photo :
  • Yamaha Musik Indonesia

"Banyak dari konten kreator menginginkan sound system tapi tidak memiliki ruang yang luas. Ini bisa jadi jawaban karena beratnya hanya 6,5 kg dengan layar 9 inci, yang bisa digunakan untuk YouTuber, podcast, live streaming hingga rumah ibadah," ujar Manager and Technical Marketing Ryan Indra Kusumah dalam keterangan resminya, Rabu, 31 Mei 2023.

Seri ini juga menawarkan kualitas audio superior, rendah latensi dengan 2 effect processor berkualitas tinggi dan 18 pilihan effect.

Pengguna dapat memilih berbagai bahasa untuk menampilkan nama channel (melalui DM3 Editor atau DM3 Stagemix), memilih mode light atau dark sesuai preferensi yang menjadikan DM3 dapat digunakan di berbagai ruang, kondisi pencahayaan, serta pengguna dari berbagai negara.

DM3 Series dapat digunakan sebagai kebutuhan produksi musik. Berbagai fitur dasar untuk kebutuhan rekaman dan editing ada di sana berkat audio interface USB 18 in/18 out, rekaman multitrack dapat dilakukan melalui koneksi USB to Host.

DM3 yang memiliki konektivitas Dante menambah kemampuan perekaman multitrack menggunakan Dante Virtual Soundcard. 

Hasil rekaman dapat diedit dengan perangkat lunak Cubase AI yang disertakan ataupun dengan DAW pilihan pengguna. Fungsi Remote DAW akan memungkinkan untuk melakukan kontrol beragam DAW.

Terdapat juga DM3 Editor (Windows dan Mac) untuk melakukan pengoperasian remote secara online atau melakukan pengaturan dan editing secara offline, aplikasi untuk iPad, DM3 Stagemix yang memungkinkan kendali jarak jauh melalui tampilan yang sederhana dan intuitif.

Sementara aplikasi MonitorMix (iOS dan Android) membantu artis untuk melakukan pengaturan monitor nya masing-masing. Untuk membantu meminimalkan waktu persiapan secara signifikan, kedua model dilengkapi dengan scene preset untuk berbagai skenario penggunaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya