Bocoran Gadget Baru Apple di WWDC 2023

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • cafef

VIVA Tekno  – Gelaran Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini diramalkan banyak menelurkan produk baru, seperti headset virtual reality (VR) dengan platform baru salah satunya. Desas-desus lainnya termasuk MacBook Air yang lebih besar, pembaruan watchOS utama, bahkan sideloading aplikasi di iOS

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Sebagaimana dikutip dari laman Engadget, Minggu 4 Juni 2023, berikut adalah yang mungkin Anda lihat pada 5 Juni 2023 mendatang di event Apple WWDC.

Virtual Reality

Apple Bagi-bagi Undangan

Ilustrasi virtual reality (VR).

Photo :
  • Entrepreneur

Virtual Reality (VR) merupakan perpaduan antara dunia nyata dan virtual. Raksasa teknologi ini telah mengakuisisi perusahaan rintisan yang ramah headset selama bertahun-tahun. Tim Cook bahkan tidak malu dengan minatnya pada augmented reality (AR) dan virtual reality. Namun sekarang, headset tampaknya siap untuk debut di WWDC.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Jika rumornya akurat, perangkat Apple yang berdiri sendiri (mungkin disebut Reality Pro) mungkin lebih kuat daripada Meta Quest Pro dan banyak headset kelas atas lainnya. 

Itu mungkin menawarkan resolusi 4K per mata, dengan setidaknya enam kamera memberikan pemandangan dunia luar serta pelacakan gerak seluruh tubuh. Itu juga bisa menggunakan chip M2 yang mengungguli prosesor seluler yang biasanya kita lihat di headset yang berdiri sendiri.

Namun, bintang sebenarnya mungkin adalah perangkat lunaknya. Headset Apple dilaporkan akan menjalankan platform baru (mungkin disebut xrOS) yang dirancang dengan mempertimbangkan realitas campuran. 

Daripada mengandalkan pengontrol, Anda akan menggunakan gerakan tangan, deteksi pandangan, dan perintah suara Siri untuk menavigasi antarmuka. Apple Watch akan beralih antara AR dan VR dan pengguna dapat mengetik di udara.

Perangkat awal ini diyakini berfokus pada produktivitas, dengan versi aplikasi Apple yang mendukung VR seperti Pages, iMovie, dan GarageBand. Rumor menyebutkan model pertama ini akan menelan biaya sekitar US$3.000 atau Rp44 juta.

MacBook Air 15 inci

MacBook Air.

Photo :
  • Instagram/@dippy_s

Hingga saat ini, Anda harus menggunakan MacBook Pro kelas atas untuk mendapatkan laptop Apple yang lebih besar dari 14 inci. Itu mungkin tidak diperlukan setelah WWDC. Desas-desus dan log pengembang menyarankan Apple akan meluncurkan MacBook Air 15 inci yang menempatkan Mac portabel layar lebar dalam jangkauan lebih banyak orang.

Sementara MacBook Air 13 inci generasi saat ini kira-kira berusia satu tahun, versi 15 inci yang dikabarkan akan terus menggunakan varian chip M2 sistem tersebut dan mungkin hadir dengan RAM 8GB dalam konfigurasi dasar. Anda bisa melihat tampilan resolusi yang lebih tinggi. mirip dengan MacBook Pro 14 inci (meskipun tanpa kecepatan refresh 120Hz), dan tidak mengherankan jika sasis yang lebih besar memungkinkan baterai yang lebih besar.

iOS 17 dan iPadOS 17

iOS 17.

Photo :
  • Mac Rumors

Ada laporan bahwa perusahaan akan memperluas fungsionalitas Dynamic Island iPhone 14 Pro yang memberikan Maps antarmuka layar kunci baru dan merampingkan aplikasi Musik dan Dompet. iPad dapat mengejar ketinggalan di beberapa area, dengan iPadOS 17 dikabarkan mewarisi kustomisasi layar kunci iOS 16 dan menyertakan aplikasi Kesehatan khusus tablet.

Aksesibilitas juga dapat memainkan peran penting. Apple baru-baru ini mempratinjau serangkaian fitur iOS yang membuat iPhone lebih bermanfaat bagi para penyandang cacat.

Assistive Access akan menyediakan antarmuka yang disederhanakan untuk orang dengan masalah kognitif, sementara Live Speech dan Personal Voice akan membuat iOS mengucapkan teks tertulis selama panggilan.

Pembaruan iOS dan iPadOS biasanya diluncurkan pada bulan September atau Oktober. Beta publik seharusnya tersedia jauh lebih cepat dan secara historis telah tiba dalam beberapa minggu mendatang.

WatchOS 10

Apple Watch 8.

Photo :
  • Tangkapan Layar Apple

Apple Watch mungkin akan mendapat pembaruan perangkat lunak terbesar dalam sejarahnya. Mark Gurman mengklaim watchOS 10 akan didesain ulang di sekitar widget, mengembalikan jejak Glances dari OS asli dengan elemen tampilan jam Siri. 

Aplikasi tidak diharapkan untuk menghilang, tetapi mereka mungkin tidak lagi ditekankan untuk mengintip informasi secara cepat. Gurman berspekulasi bahwa Apple dapat membuat antarmuka opsional pada awalnya untuk membantu pengguna menyesuaikan diri dengan perombakan.

Mac OS 14

MacBook Pro Dengan Prosesor Terbaru M1 Resmi Dijual Mulai Dari Rp 18 Juta

Photo :
  • U-Report

Sangat sedikit yang diketahui tentang pembaruan platform Mac besar berikutnya, tetapi aman untuk menganggap macOS 14 akan memulai debutnya di WWDC. 

Pembaruan platform komputer Apple biasanya mencakup beberapa fitur yang dipinjam dari iOS yang setara. Peningkatan cenderung tiba pada bulan Oktober, dengan versi beta tersedia pada akhir musim semi atau awal musim panas.

M3 dan lebih banyak Mac

MacBook Air dengan chip M2.

Photo :
  • Appuals

Sebagian besar desas-desus di sekitar WWDC menunjukkan bahwa Apple tidak akan meluncurkan sistem-on-chip M3 di WWDC. Jika demikian, chip baru siap memberikan peningkatan kinerja dan efisiensi, sebagian berkat proses pembuatan 3 nanometer yang lebih padat.

Jika M3 benar-benar muncul, tidak mengherankan melihat Mac lain akan tayang perdana bersama Air. Gurman mengatakan Air 13 inci yang disegarkan sedang dalam pengerjaan, dan iMac bertenaga M3 mungkin dikirimkan pada paruh kedua tahun 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya