Apple Kenalkan Headset dengan Sistem Operasi Baru

Apple Vision Pro.
Sumber :
  • MacRumors

VIVA Tekno – Apple baru saja mengungkapkan headset 'Vision Pro', merupakan perangkat realitas campuran pertamanya dan visionOS, sistem operasi baru untuk perangkat tersebut.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Raksasa teknologi itu menggambarkan headset Vision Pro sebagai 'komputer spasial revolusioner yang memadukan konten digital dengan dunia fisik secara mulus'. Perangkat ini memiliki sistem operasi baru yang menampilkan antarmuka tiga dimensi.

Pengalaman di Vision Pro tidak dibatasi oleh batas tampilan, pengguna dapat membuat aplikasi dalam skala apa pun dan menempatkan aplikasi di mana pun mereka mau. Dengan kombinasi mata, tangan, dan suara user dapat mengontrol perangkat.

iOS 17.4.1 Segera Hadir, Pengguna iPhone XR ke Atas Aman

Vision Pro Apple dibanderol mulai dari US$3.499 (Rp52 juta) dan akan tersedia awal tahun depan. Ini akan tersedia di toko ritel Apple untuk wilayah Amerika Serikat saja. Di bawah ini adalah penjelasan detailnya yang dikutip dari laman MacRumors, Selasa, 6 Juni 2023.

Desain

Ketua KPU Buka Suara soal Isu Aplikasi Sirekap Terafiliasi dengan Alibaba

Apple

Photo :
  • 1486391

Seluruh bagian depan headset terbuat dari kaca poles hingga ke bingkai aluminium yang ringan. Bagian atas headset menampilkan tombol dan Digital Crown yang memungkinkan pengguna mengontrol seberapa hadir atau terbenamnya mereka di suatu lingkungan.

Headset ini memiliki sistem modular untuk mendapatkan kesesuaian yang optimal. Baterainya terpisah dan terhubung melalui koneksi magnetik ke sisi headset.

Sepotong kaca yang dibentuk dan dilaminasi tiga dimensi dipoles untuk menciptakan permukaan optik yang berfungsi sebagai lensa untuk beragam kamera dan sensor yang diperlukan untuk memadukan dunia fisik dengan konten digital. 

Kaca mengalir ke bingkai paduan aluminium khusus yang dengan lembut melengkung di sekitar wajah pengguna. Sementara sistem modular memungkinkan penyesuaian yang disesuaikan untuk mengakomodasi berbagai macam orang. 

The Light Seal terbuat dari tekstil lembut dan hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, lentur agar sesuai dengan wajah pengguna. Tali pengikat yang fleksibel memastikan audio tetap dekat dengan telinga pengguna.

Sementara Head Band —tersedia dalam berbagai ukuran— dirajut secara tiga dimensi sebagai satu bagian untuk memberikan bantalan, kemudahan bernapas, dan kelenturan. 

Mereka yang memakai kacamata harus menggunakan sisipan resep ZEISS magnetik dengan headset Vision Pro.

Perangkat keras

Apple

Photo :
  • 1486392

Vision Pro menampilkan sistem tampilan beresolusi sangat tinggi dengan 23 juta piksel di dua layar micro-OLED –lebih dari 4K untuk TV untuk setiap mata.

Visi pro headset 1

Vision Pro menggunakan kamera berkecepatan tinggi dan cincin LED yang memproyeksikan pola cahaya tak terlihat ke mata pengguna untuk melacak pandangan. Headset ini juga berisi chip M2 yang dipasangkan dengan chip 'R1' baru, yang didedikasikan untuk pemrosesan sensor waktu nyata.

Inovasi ini ditenagai oleh silikon Apple dalam desain chip ganda yang unik. M2 menghadirkan performa mandiri yang tak tertandingi, sementara chip R1 terbaru memproses input dari 12 kamera, lima sensor, dan enam mikrofon untuk memastikan konten terasa seperti muncul tepat di depan mata pengguna, secara real time. 

R1 mengalirkan gambar baru ke layar dalam waktu 12 milidetik —delapan kali lebih cepat dari kedipan mata. Apple Vision Pro dirancang untuk penggunaan sepanjang hari saat dicolokkan dan penggunaan hingga dua jam dengan baterai eksternal berperforma tinggi.

Ini juga memiliki sistem Audio Spasial baru dengan dua driver yang diperkuat secara individual di dalam setiap pod audio, menghadirkan Audio Spasial yang dipersonalisasi berdasarkan geometri kepala dan telinga pengguna.

Gadget Itu dapat mencocokkan suara dengan lingkungan menggunakan audio ray-tracing. Perangkat mampu berjalan selama dua jam dengan sekali pengisian daya.

Fitur

Apple

Photo :
  • 1486393

Headset dikendalikan oleh mata, tangan, dan suara pengguna. Mereka dapat menelusuri aplikasi hanya dengan melihatnya, mengetuk jari untuk memilih, menjentikkan pergelangan tangan untuk menggulir, atau menggunakan suara untuk mendikte. Ini juga mendukung Magic Keyboard dan Magic Trackpad Apple.

Headset ini menampilkan video passthrough dari mata pemakainya dalam fitur yang Apple sebut 'EyeSight', menampilkan mata pengguna kepada orang-orang di sekitarnya. Ini juga diketahui menggunakan layar OLED lentikular.

Tim

Photo :
  • 1486396

Vision Pro dapat mengubah ruang menjadi bioskop pribadi dan menonton video imersif. Dunia pengguna dapat berkembang melampaui dimensi ruang fisik dengan lanskap dinamis yang dapat membantu mereka fokus.

ID Optik menggunakan iris pemakai untuk mengautentikasi pengguna dan membuka kunci headset Vision Pro. Vision Pro juga merupakan 'kamera 3D pertama Apple', menampilkan kedalaman video dengan Audio Spasial.

visionOS

Apple

Photo :
  • 1486394

Sementara itu visionOS menawarkan kanvas tanpa batas untuk aplikasi dan antarmuka pengguna tiga dimensi. Aplikasi bereaksi terhadap pencahayaan dan menghasilkan bayangan.

Kelahiran sistem operasi ini sekaligus memperkenalkan platform baru bagi pengembang untuk menciptakan pengalaman aplikasi. 

Perangkat iPhone dan iPad dapat berjalan di visionOS untuk menyediakan sejumlah besar aplikasi saat peluncuran perangkat. Ini akan menampilkan App Store baru untuk menemukan platform yang dibuat untuk visionOS serta aplikasi ‌iPhone‌ dan ‌iPad‌ yang kompatibel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya