Poco F5 Diotaki Snapdragon 7+ Gen 2, Bikin HP Serasa Flagship

Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Chipset kelas high-range Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 melakukan debutnya di smartphone Poco F5 yang baru-baru ini dirilis secara global. Meski bukan prosesor kelas atas, namun ternyata ini membawa sejumlah keunggulan. 

840 Ribu Orang Indonesia akan Digembleng

"Sejumlah peningkatan pada Snapdragon 7+ Gen 2 tampak signifikan dibanding Snapdragon 7 Gen 1, pendahulunya. Pada prosesor (CPU), contohnya, kecepatan clock Snapdragon 7+ Gen 2 mencapai 2,92 GHz, atau lebih cepat hingga 50 persen," ujar Senior Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto di Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Ini jadi Snapdragon 7-series pertama yang menggunakan Arm Cortex X-series untuk core CPU-nya, sama dengan yang digunakan oleh seri flagship Snapdragon 8 Gen 1. 

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

"Kalau dirinci, delapan core Snapdragon 7+ Gen 2 terdiri atas 1 core utama berbasis Arm Cortex X2, 3 core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan 4 core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510," jelasnya. 

Dengan begitu, konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo milik Snapdragon 7+ Gen 2 menjadi sama dengan milik Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan kecepatan clock masing-masing core di antara kedua chipset tersebut terpaut sangat tipis. 

Ini 3 Fitur Favorit Pengguna Galaxy AI

Snapdragon 7+ Gen 2 dibangun di atas proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, dengan dukungan 5G, dan secara keseluruhan, konsumsi daya Snapdragon 7+ Gen 2 lebih hemat 13 persen dibanding pendahulunya.

Selain peningkatan clock CPU, divisi pengolah grafis (GPU Adreno) di Snapdragon 7+ Gen 2 pun diklaim dua kali lebih cepat dibanding Snapdragon 7 Gen 1.

Qualcomm

Photo :
  • 574089

Pada aspek gaming, chipset dilengkapi fitur Auto Variable Rate Shading untuk secara cerdas merender dengan resolusi tinggi pada bagian yang sedang difokuskan, sementara bagian lainnya di render dengan resolusi lebih rendah. 

Kemudian fitur Adreno Frame Motion Engine secara efektif meningkatkan fps (frame per second) untuk menciptakan aksi yang mulus, dan Volumetric Rendering untuj meningkatkan detail gambar, seperti kabut dan asap menjadi begitu nyata.

Qualcomm AI Engine pada Snapdragon 7+ Gen 2 membawa performa artificial intelligence (kecerdasan buatan/AI) hingga dua kali lebih baik daripada Snapdragon 7 Gen 1.

Ini juga dibekali berbagai fitur menarik seperti Advance Rendering with Anti-cheat Extension, yakni algoritma AI untuk menyulitkan hacker yang ingin berbuat curang dalam game dan AI super resolution yang secara cerdas menciptakan kualitas visual superior (1080p hingga 4K) pada adegan game maupun foto beresolusi rendah.

Fitur AI antenna tuning technology akan mengenali kebiasaan tangan pengguna saat menggenggam ponsel dan mengaktifkan penerimaan sinyal pada antena di lokasi yang tidak tertutup tangan. Akurasinya dalam mendeteksi genggaman tangan meningkat 30 persen.

Teknologi AI lainnya adalah Qualcomm Sensing Hub yang mampu melacak kegiatan dan lingkungan pengguna. Qualcomm mengklaim bahwa kinerja AI di Snapdragon 7+ Gen 2 memiliki efisiensi alias performance to watt 40 persen lebih baik daripada pendahulunya.

Kemudian Snapdragon 7+ Gen 2 mendukung Triple 18-bit ISP (image signal processor) dengan fleksibilitas tinggi untuk berpindah-pindah di antara tiga lensa termasuk zoom-nya secara mulus.

Senior

Photo :
  • 1486576

Berkat ISP 18-bit, chipset ini pun sanggup menangkap data warna 4096X lebih banyak dibanding ISP 14-bit, atau hingga sekitar 3.0 Gigapiksel per detik.

Untuk merekam video, bisa dilakukan hingga format 4K HDR. Dikombinasikan dengan teknologi Video Super Resolution yang menyajikan kemampuan digital zoom, hasilnya adalah footage yang tajam dan jernih bahkan dari jarak jauh.

Di bagian audio, Snapdragon 7+ Gen 2 punya peran menghadirkan kompresi lossless untuk menyajikan musik dengan kualitas suara setara CD. Jadi kualitas suara akan jernih saat menelepon dan video call, koneksi audio yang solid, dan komunikasi suara dalam game tanpa lag.

Sistem keamanannya diibaratkan seperti lemari besi. Didesain untuk memproteksi data dan privasi pengguna, teknologi ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk penguncian pada aplikasi premium, digital key di mobil dan rumah, SIM (Surat Izin Mengemudi) dompet digital, hingga e-money.

Chipset mengusung Snapdragon X62 5G Modem-RF System yabg mendukung 5G/4G DSDA (dual SIM dual active) serta memiliki kecepatan download hingga 4,4 Gbps. 

Sementara untuk Wi-Fi, menggunakan Qualcomm FastConnect 6099 Mobile Connectivity System yang mendukung Wi-Fi 6/6E, 4-stream DBS, dan kecepatan hingga 3,6 Gbps.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya