Laptop Ini Khusus untuk Kaum Nomaden

Deretan laptop Acer.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Acer Swift Go 14 OLED resmi diperkenalkan di Indonesia. Laptop baru ini punya sertifikasi Intel Evo. Spesifikasinya kencang dan harganya relatif terjangkau di kelasnya.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Spesifikasi kencangnya didasari oleh pemakaian prosesor Intel Core i7-13700H. Ya, seri H, bukan seri U atau pun U. Prosesor ini punya 14 core, yang terbagi menjadi enam core performance dan delapan core efisien, dan punya 20 thread.

Laptop ini memenuhi kebutuhan berbagai segmen pengguna dengan mobilitas tinggi, bekerja secara hybrid, serta mendukung kebutuhan kreatif seperti desain grafis, pengeditan video, gaming, dan hiburan.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

"Acer Swift Go 14 OLED ringan dan kompak sehingga memberikan performa tinggi bagi konsumen yang digital nomad alias nomaden atau sering pindah tempat. Spesifikasi dan fiturnya pun sudah disesuaikan untuk mendukung mereka yang membutuhkan perangkat untuk aktivitas multitasking saat bergerak," kata Head of Consumer Products, Acer Indonesia, Theresia Hanydawati, di Jakarta, Rabu, 14 Juni 2023.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Untuk pendinginnya ada teknologi Acer TwinAir dan kipas ganda, termasuk menggunakan sela-sela lubang keyboard sebagai jalan masuk udara. Sesuai namanya, laptop ini punya layar 14 inci.

Panel yang dipakai adalah OLED dengan resolusi 2.880 x 1.800 pixel dan refresh rate 90Hz. Layar ini punya tingkat kecerahan maksimal 500 nits dan punya sertifikasi Vesa Display HDR TrueBlack 500, juga ada sertifikasi EyeSafe untuk mengurangi paparan sinar biru.

"Jadi, layarnya tetap bisa terlihat saat dipakai di tempat terang karena punya tingkat kecerahan yang tinggi," ungkapnya. Ia juga menyebut Acer Swift Go 14 OLED ditujukan untuk pengguna yang punya mobilitas tinggi. Laptop ini juga punya bobot yang relatif ringan, hanya 1,32 kg dan ketebalan hanya 14,9 mm, sehingga tak memakan banyak tempat di dalam tas.

Hal unik lain dari laptop ini adalah webcam yang resolusinya tinggi. Namanya Superclear WHD AI Camera yang punya resolusi 1440p. Dilengkapi fitur Auto Tracking dan Eye Contact untuk memastikan pengguna tetap berada dalam frame gambar.

Baterai yang dipakai ini diklaim bisa bertahan selama 11 jam penggunaan. Tentu itu bukan dalam penggunaan berat, melainkan hanya kegiatan produktivitas seperti membuka aplikasi Office.

Pengisian daya dilakukan menggunakan port USB-C (tersedia dua buah Thunderbolt 4 yang merangkap sebagai port pengisian daya. Charger yang disertakan dalam paket penjualan dayanya mencapai 100W. Pengguna juga mengisinya menggunakan charger lain, misalnya charger HP, asalkan dayanya juga 100W.

"Sebenarnya bisa juga kalau dayanya hanya 65W, namun pengisiannya tidak fast charging," papar Theresia. Untuk saat ini, Acer baru menghadirkan varian dengan Intel Core i7 yang dipasangkan dengan RAM 16GB LPDDR5 dan storage SSD NVMe 1TB.

Namun, ke depannya, raksasa teknologi Taiwan ini juga akan memboyong varian dengan prosesor Core i5. Acer Swift Go 14 OLED sudah tersedia baik melalui penjualan online maupun toko komputer terdekat dengan harga Rp16 juta untuk varian Intel Core i7.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya