Asus Perbanyak Daftar Laptop 'Made in Indonesia'

Perakitan laptop Asus 'Made in Indonesia' di Batam.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Setelah selama 10 tahun berturut-turut memimpin pasar Indonesia, Asus kembali mempertegas komitmen untuk mendukung industri IT di Indonesia dengan memperkenalkan laptop produksi dalam negeri.

Mengenal Sejarah Hari Buruh Internasional yang Diperingati Setiap 1 Mei

Hingga saat ini terdapat lebih dari 10 SKU (stock keeping unit) laptop Asus yang telah diproduksi di dalam negeri dengan spesifikasi hardware serta fitur yang bervariasi.

Perusahaan juga berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperbanyak laptop yang diproduksi secara lokal di Indonesia.

Mobil Listrik Baru Rp200 Jutaan Hadir di Pameran PEVS 2024

"Asus berkomitmen memperkuat industri IT Indonesia melalui produksi laptop dalam negeri. Upaya terus-menerus untuk pengembangan dan peningkatan produksi lokal menegaskan dedikasi penuh kami untuk mendukung gerakan produk Made in Indonesia," ujar Head of Public Relations Asus Indonesia, Muhammad Firman di Batam, Senin, 19 Juni 2023.

Raksasa teknologi ini juga akan terus berupaya memperbanyak dan mengembangkan spesifikasi serta fitur laptop lokal untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen di Indonesia.

PEVS 2024 Resmi Dibuka, Moeldoko Sebut Pameran Ini Terbesar di Asia Tenggara

Pemerintah tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri dan salah satu industri yang didorong untuk tumbuh adalah industri laptop. 

Kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pun diberlakukan, terutama di sektor pemerintahan yang menggunakan APBN dan APBD, termasuk BUMN dan BUMD.

Melalui Asus Business, perusahaan berkomitmen penuh dalam mendukung industri IT dalam negeri. Salah satu upaya mereka adalah dengan memproduksi laptop secara lokal melalui pabrik perakitan di PT Sat Nusapersada, Batam.

PT Sat Nusapersada.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Hingga saat ini terdapat lebih dari 5 SKU laptop yang telah diproduksi di dalam negeri dengan nilai TKDN dan BMP lebih dari 30 persen. Asus juga akan meningkatkan nilai TKDN dan BMP secara bertahap.

Perangkat yang telah diproduksi di Indonesia saat ini adalah lini ExpertBook P1 (P1412), merupakan laptop serbaguna dan terjangkau yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi di sektor pemerintahan, edukasi, hingga UMKM.

Perangkat jinjing itu hadir dalam berbagai macam konfigurasi hardware sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap organisasi atau perusahaan.

Seri itu merupakan laptop dasar yang menghadirkan performa bertenaga serta visual yang immersif. ExpertBook P1 (P1412) tersedia dalam pilihan prosesor Intel Core i3 sampai Intel Core i7.

Laptop juga hadir dengan NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178 derajat, lengkap dengan lapisan matte anti-glare untuk pengalaman penggunaan yang lebih nyaman.

Asus ExpertBook P1 (P1412) menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software. Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection.

Sementara dari sisi software, perangkat telah kompatibel dengan Asus Control Center serta Asus Business Manager yang dapat membantu pelaku bisnis memastikan laptop ini terjaga keamanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya