Prosesor AMD Ryzen 7000 Series Diklaim Lebih Unggul dari Apple M2

Peluncuran AMD Ryzen 7000 Series.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Dewasa ini teknologi High Performance Computing (HPC) pada sebuah perangkat laptop menjadi penting di tengah beragam aktivitas yang menuntut dan mobilitas yang kian tinggi.

Begini Pandangan Mayoritas Perusahaan di Indonesia soal AI

Aktivitas menjelajah, gaming, streaming, dan kreasi konten dapat dilakukan secara multitasking, bahkan on-the-go dengan masa pakai baterai yang awet sepanjang hari berkat inovasi HPC.

Raksasa teknologi AMD menjawab kebutuhan komputasi pengguna masa kini dengan AMD Ryzen 7000 Series Processors beserta sejumlah fitur menarik lainnya yang tersemat pada laptop tipis dan ringan.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

AMD Ryzen 7000 Series Processors akan memungkinkan efisiensi daya, kinerja komputasi kencang, serta konektivitas andal. Seri ini dibangun dengan ketahanan daya baterai dan performa untuk platform mobile.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

AMD Head of Consumer Sales for APAC, Matthew Carr.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Varian pertama adalah Ryzen 7040 Series Processors yang memiliki hardware khusus artificial intelligence pertama dalam prosesor x86 pada model tertentu.

Selain itu ada juga prosesor AMD Ryzen TM 7045HX Series, yang menggunakan 16 core dan 32 thread untuk memberikan kinerja rata-rata lebih dari 50 persen di berbagai aplikasi.

AMD Ryzen 7040 Series disebut memiliki delapan core Zen 4 dan grafis AMD RDNA 31. Series ini juga mengantongi arsitektur Al adaptif dengan AMD XDNA ke komputasi mobile untuk performa pada penggunaan real-time Al yang lebih sempurna.

Prosesor AMD Ryzen dengan Ryzen Al juga mampu mengungguli CPU Apple M2 hingga 20 persen sekaligus lebih hemat daya hingga 50 persen.

Performa dan efisiensi ini akan menambah pengalaman pengguna dalam kolaborasi video, kreasi konten, produktivitas, game, perlindungan keamanan hingga penggunaan hybrid.

"Kami ingin menghadirkan solusi hardware dan teknologi inovatif dengan kekuatan artificial intelligence ke perangkat laptop dan integrasi prosesor yang memberikan kemampuan komputasi terkencang yang ada saat ini," kata AMD Head of Consumer Sales for APAC, Matthew Carr di Jakarta, Kamis, 21 Juni 2023.

Sementara untuk prosesor AMD Ryzen 7045HX Series terbaru merupakan seri tertinggi yang ditujukan untuk para gamer dan professional konten creator. Prosesor ini memiliki 16 core dan 32 thread yang diibangun di atas teknologi Zen 4 dengan proses 5nm.

Ilustrasi AMD Ryzen 7000 Series.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Ada juga dukungan DDR5 hingga 5600MHz, PCIE-Gen 5.0 serta Cache memory yang lebih besar hingga 80Mb, memungkinkan pengguna merasakan pengalaman komputasi mobile yang optimal dan lebih cepat.

Prosesor AMD Ryzen 7045HX Series juga menawarkan performa single-thread hingga 18 persen lebih cepat dan performa multithread yang mencapai 78 persen lebih kencang dibandingkan 6900HX.

Sementara itu untuk AMD Ryzen 7040HS Series menawarkan performa yang sangat tinggi dalam form factor paling tipis dan paling ringan.

Prosesor ini terintegrasi dengan kartu grafis arsitektur AMD RDNA 3, menampilkan hingga 8 core Zen 4 dan dibangun pada fabrikasi teknologi proses 4nm.

Terakhir adalah prosesor Seri AMD Ryzen 7040U AMD untuk memperluas kemampuan AMD Ryzen 7000 Series ke perangkat ultrathin. Ini menampilkan hingga delapan core dan 16 thread dengan konfigurasi TDP 15W yang bisa dikonfigurasi hingga 30W.

Itu juga memiliki clockspeed lebih tinggi sebagai prosesor grafis Radeon terintegrasi, dirancang untuk mentenagai laptop dengan cepat dan efisien.

Prosesor AMD Ryzen 7040U juga didukung fitur terbaru Ryzen Al yang memberikan pengalaman komputasi lebih sempurna namun dengan efisiensi yang lebih optimal.

Di Indonesia, AMD Ryzen 7040 Series Processors dan AMD Ryzen 7045 HX Series Processors telah tersedia di berbagai lini laptop gaming Asus dan Lenovo. Sementara, lini produk laptop terbaru dari Acer dan HP akan hadir pada kuartal III 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya