Waspadalah! Ini Daftar Ponsel dengan Radiasi Tinggi

Google Pixel 4A.
Sumber :
  • Global Village Space

VIVA Tekno – Beberapa waktu yang lalu, FCC (Federal Communications Commission) pernah mengatakan radiasi yang berasal dari ponsel bukanlah masalah besar.

South Korea Bans Its Soldiers to Use iPhone

Sementara itu pakar kesehatan terus memperdebatkan masalah ini dan khawatir masyarakat mendapat radiasi yang berlebihan.

iPhone modern, termasuk iPhone 14 Pro Max dan iPhone SE, merekomendasikan  agar pelanggan mereka 'menggunakan opsi hands-free, seperti speakerphone bawaan, headphone, atau aksesori serupa lainnya' untuk mengurangi paparan energi RF (frekuensi radio). 

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Paparan frekuensi radio ini, menurut Kantor Federal Jerman untuk Radiasi, dapat menjadi sangat tinggi dari sejumlah perangkat seluler —dengan beberapa ponsel Android aktif yang berada di puncak daftar.

"Orang-orang kecanduan smartphone. Kami menggunakan gadget untuk semua hal dan dalam banyak hal. Kami membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari," kata Joel Moskowitz, seorang peneliti di University of California Berkeley's School of Public Health.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Sebagai direktur Berkeley's Center for Family and Community Health, Moskowitz telah mempelajari efek biologis energi frekuensi radio pada tubuh manusia sebagai prioritas penelitian sejak 2009, seperti dikutip VIVA Digital dari Daily Mail, Selasa, 4 Juli 2023.

Tapi dia mengetahui di mana regulator federal Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bola. Ponsel, menara seluler, dan perangkat nirkabel lainnya diatur oleh sebagian besar pemerintah. Menurutnya pemerintah berhenti mendanai penelitian tentang efek kesehatan dari radiasi frekuensi radio pada 1990-an.

Motorola Edge S

Photo :
  • Slashgear

Pada tahun 2020, Moskowitz dan rekan-rekannya menerbitkan review dari 46 studi kesehatan case-control tentang masalah ponsel dan kesehatan, yang mereka terbitkan di International Journal of Environmental Research and Public Health.

"Sekitar 1.000 jam penggunaan ponsel seumur hidup, atau sekitar 17 menit per hari selama periode 10 tahun, dikaitkan dengan peningkatan 60 persen kanker otak yang signifikan secara statistik," ujarnya.

Berikut adalah daftar yang disusun oleh Digital Information World. Kelima model ini memancarkan beberapa radiasi terkuat di pasaran:

Motorola Edge (1,79 w/kg)
OnePlus 6T (1,55 w/kg)
Sony Xperia XA2 Plus (1,41 w/kg) 
Google Pixel 3 XL (1,39 w/kg)
Google Pixel 4a (1,37 w/kg) 
Oppo Reno5 5G (1,37 w/kg)
Google Pixel 3 (1,33 w/kg)
Huawei P Smart (1,27 w/kg) 
OnePlus 9 (1,26 w/kg). 

Tentu saja, tidak semua peneliti menerima pandangan muram Moskowitz. Organisasi Kesehatan Dunia PBB saat ini berpendapat bahwa 'belum ada efek kesehatan yang merugikan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel'.

Beberapa ponsel ternyata memancarkan lebih banyak radiasi daripada yang lain. Tapi, apa sebenarnya yang kita ukur dengan tingkat penyerapan spesifik?

Galaxy Note 10

Photo :
  • U-Report

SAR yang dihitung dalam watt per kilogram berat badan, menghitung berapa banyak energi yang diserap per satuan massa oleh tubuh manusia saat terpapar frekuensi radio.

Biasanya ini didasarkan pada nilai serapan yang terekam saat melakukan panggilan dengan mengangkat telepon ke telinga. Di AS, FCC bahkan menggunakan dummy head untuk menghitung nilai SAR ponsel.

Tapi sebenarnya kita tidak perlu mengetahui semua detailnya, hanya saja batas legalnya adalah 1,6 watt/kg di AS. Bagi pria disarankan untuk jangan menyimpan ponsel di saku celana, sementara wanita untuk menjauhkannya dari bra.

Jika Anda khawatir tentang risiko SAR, berikut adalah ponsel yang diketahui memancarkan radiasi paling sedikit:

Samsung Galaxy Note10+ 5G (0,19 w/kg )
Samsung Galaxy Note10 (0,21 w/kg)
Samsung Galaxy A80 (0,22 w/kg)
LG G7 ThinQ (0,24 w/kg)
Motorola Razr 5G (0,27 w/kg).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya