Ketahui Fakta-fakta dari Pesaing Meta, Apple Vision Pro

Apple Vision Pro.
Sumber :
  • Apple

VIVA Tekno - Apple Vision Pro merupakan headset augmented reality ( AR ) dan virtual reality ( VR ) dari Apple , yang telah dikembangkan selama lebih dari satu dekade. Vision Pro menandai pintu masuk pertama perusahaan ke dalam kategori produk baru sejak Apple Watch 2015.

Apple Bagi-bagi Undangan

Peletakan batu pertama ditetapkan untuk awal 2024 yang berarti Januari hingga akhir April. Raksasa teknologi menyebutnya sebagai komputer spasial karena kemampuannya memadukan konten digital dengan dunia fisik.

Apple Vision Pro adalah headset realitas campuran yang menampilkan konten AR yang ditampilkan pada dunia sekitar kita dan konten virtual yang sepenuhnya imersif . Tetapi perlu dicatat bahwa headset tidak tembus pandang. 

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Semua yang dilihat pengguna adalah digital. Untuk konten AR, Apple menggunakan kamera yang menyerap apa yang ada di depan penggunanya, menerjemahkannya menjadi gambar digital yang ditambah dengan elemen virtual.

Untuk pengalaman VR, Apple mematikan kamera tersebut dan dapat membuat seolah-olah benar-benar terisolasi dari apa yang terjadi di sekitar pengguna, memungkinkan pengguna untuk fokus hanya pada apa yang ditampilkan di layar headset .

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Pergeseran antara 'asli' dan ' immersive ' ini dapat dikontrol dengan Digital Crown pada perangkat.

Desain

Apple Vision Pro.

Photo :
  • Apple

Apple Vision Pro.

Photo :
  • Apple

Light Seal yang lembut dan menempel secara magnetis ke bingkai akan menyesuaikan perangkat dengan wajah untuk menghalangi cahaya.

Dua Audio Strap (tali) dengan speaker internal bertugas di samping headset , menghadirkan Audio Spasial yang memadukan apa yang didengar di headset dengan apa yang terjadi di dunia nyata. 

Audio Strap akan terhubung ke ikat kepala 3D untuk menahan Vision Pro di tempatnya. Apple mendesainnya agar tidak sesak, empuk, dan elastis untuk kenyamanan dan Fit Dial , memastikan headset pas di kepala penggunanya. 

Apple berencana untuk menawarkan Light Seal dan ikat kepala dalam berbagai ukuran dan komponen yang dapat ditukar.

Layar micro-OLED

Apple Vision Pro.

Photo :
  • Apple

Di dalam bingkai, terdapat dua layar micro-OLED yang menghadirkan resolusi lebih dari 4K ke setiap mata dengan total 23 juta piksel.

Ada juga layar eksternal yang disebut EyeSight yang memproyeksikan gambar mata sehingga pengguna dapat mengetahui apakah mereka menggunakan headset dalam mode imersif atau mereka masih dapat melihat apa yang terjadi di sekitarnya. 

Untuk pemakai kacamata, ada Zeiss Optical Inserts dengan resep khusus yang dapat dilekatkan secara magnetis ke lensa headset .

Tidak ada pengontrol untuk Apple Vision Pro, tetapi headset dapat dikontrol oleh pelacakan mata, gerakan tangan, dan perintah suara. Aplikasi dapat dinavigasi dan dipahami dengan melihatnya, lalu dibuka dengan ketukan jari. Pengguliran dilakukan dengan jentikan jari yang sederhana.

Kamera dan sensor

Tim Cook dan Apple Vision Pro.

Photo :
  • MacRumors

Lebih dari selusin kamera dan sensor di Apple Vision Pro akan melacak dunia sekitar, melacak gerakan tangan dan mata. ID Optik yang memindai iris mata dengan lampu infra merah dan kamera dapat digunakan untuk autentikasi. 

Optic ID akan mirip dengan Face ID dan Touch ID. Ini dapat digunakan untuk membuka kunci perangkat, melakukan pembelian, dan sebagai pengganti kata sandi.

Prosesor

Apple Vision Pro.

Photo :
  • Apple

Ada dua chip silikon Apple di dalam Vision Pro, termasuk chip M2 yang juga ada di Mac dan chip R1 baru. Chip M2 menjalankan visionOS , menjalankan algoritma komputer, dan menyediakan grafik. Sedangkan chip R1 memproses input dari kamera, sensor, dan mikrofon.

Apple Vision Pro dapat mengambil foto dan video 3D menggunakan kamera bawaan yang diaktifkan dengan memfasilitasi tombol di bagian atas perangkat. 

Perusahaan mengatakan bahwa pengguna dapat mengambil video dan foto dalam format 3D dan kemudian menghidupkan kembali kenangan itu.

Perangkat juga akan menampilkan foto dan video yang ada dalam skala besar, menjadikannya lebih imersif . Saat merekam video, Vision Pro akan menggabungkannya dengan animasi di layar eksternal

Baterai

Apple Vision Pro.

Photo :
  • MacRumors

Karena kendala berat, Apple tidak memasang baterai di Apple Vision Pro. Sebagai gantinya, ini dapat ditenagai oleh kabel yang dipasang ke paket baterai yang dikenakan di pinggul atau dicolokkan ke adaptor. Paket baterai menawarkan masa pakai baterai dua jam dengan sekali pengisian daya.

Dengan Apple Vision Pro, konten akan ditampilkan di ruangan sekitar. Pengguna dapat memposisikan aplikasi dan jendela di udara, mengatur ulang sesuai keinginan dengan mendukung beberapa jendela. 

Apple mengatakan ada 'kanvas tak terbatas' untuk digunakan. Aplikasi dapat ditampilkan di lingkungan aktual di mana pengguna berada sehingga mereka dapat tetap mengikuti apa yang terjadi di sekitarnya atau menggunakan tampilan yang lebih imersif , yang menutup dunia dan menempatkan konten di latar belakang virtual yang disebut Enviroment .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya