Memantau Daerah Terpencil dari Drone

Drone DJI Dock.
Sumber :
  • DJI

VIVA Tekno – Pesawat nirawak atau drone baru besutan DJI menyapa konsumen Indonesia. DJI Dock, sebuah stasiun pendaratan dan charge-ulang darat otomatis yang memungkinkan operasi drone yang sepenuhnya otonom untuk digunakan perusahaan seperti perkebunan, pertambangan, keamanan, serta pemetaan berskala besar.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Bermitra dengan Halo Robotics dan Telkomsel, DJI Dock membuka potensi dari sistem drone otomatis sepenuhnya, baik swasta maupun pemerintah di Indonesia. Kombinasi DJI Dock dengan Drone DJI Seri M30 meningkatkan keamanan, efisiensi operasional, dan aksesibilitas tepat waktu.

Aplikasi utama dari DJI Dock termasuk inspeksi otomatis terhadap aset-aset industri, serta misi patroli otomatis untuk keamanan, pemantauan kebakaran, deteksi gas, dan keselamatan publik.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

DJI Dock, yang menampung drone DJI Seri M30, memiliki tampilan luar yang canggih dan tahan air lengkap dengan struktur yang kokoh, mampu beroperasi tanpa henti (24/7) dan dalam iklim paling ekstrem.

"Dengan performa dan kemudahan penggunaan dari Drone DJI Matrice 30, dan integrasi penuh sama DJI Dock serta perangkat lunak manajemen armada FlightHub 2 dari DJI, kami siap melangkah ke masa depan," ungkap Direktur Senior Strategi Korporat DJI, Christina Zhang, melalui keterangan resminya, Kamis, 24 Agustus 2023.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Sementara itu, Managing Director Halo Robotics, Johannes Soekidi, melihat adanya potensi besar untuk menerapkan teknologi ini guna meningkatkan efisiensi dan daya saing dalam industri utama seperti pertanian, pertambangan, energi, konstruksi, keamanan dan pemantauan kebakaran, khususnya di daerah-daerah terpencil.

"Perusahaan dapat memanfaatkan penerbangan drone otomatis untuk memantau kesehatan tanaman, menginspeksi infrastruktur kritis jarak jauh, dan respons kebakaran hutan yang didukung oleh tampilan udara yang terus-menerus live streaming. DJI Dock membuat semua ini mungkin," jelas Soekidi.

General Manager Enterprise Platform and Infrastructure Management Telkomsel, Gian Wijoyo, menambahkan jika drone telah menjadi alat yang banyak digunakan untuk mendapatkan gambar dan data kritis, dengan aplikasi umum termasuk inspeksi, survei dan pemetaan, serta keamanan.

"Nah, semua aplikasi ini memerlukan infrastruktur konektivitas nirkabel yang dapat didukung oleh Telkomsel. Kami tetap berkomitmen memperluas kolaborasi dalam percepatan rencana transformasi digital di sektor industri nasional dengan memanfaatkan teknologi serta ekosistem digital," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya